Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Tak Perlu Bakat, tapi Usaha

Kompas.com - 31/03/2012, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Butuh keterampilan untuk melakukan aktivitas olahraga tanpa mengalami cidera, atau supaya target tubuh langsing bisa tercapai Namun, bagaimana jika kita tak punya bakat olahraga? Apakah usaha saja cukup untuk bisa berolahraga dan membuat tubuh langsing? Chris Freytag dalam artikelnya yang berjudul Effort vs Skill and Your Health menegaskan, upaya untuk melakukan sesuatu akan mengalahkan keterampilan atau bakat olahraga, terutama jika dilakukan setiap hari selama seminggu.

"Yang harus dilakukan adalah mengerahkan semua usaha dan upaya Anda untuk membakar kalori lebih banyak melalui olahraga. Jika khawatir akan terlihat canggung karena tidak bisa melakukan olahraga dengan baik, ingatlah bahwa kebanyakan orang di kelas kebugaran di gym tidak akan fokus pada apa yang Anda lakukan, karena mereka fokus dengan kegiatan mereka sendiri," ungkap Chris.

Bahkan menurut mantan pemain basket tenar Michael Jordan, keterampilan atau bakat bukanlah yang nomor satu dalam olahraga, melainkan usaha dalam bentuk latihan, praktek, dan komitmen. Jika Anda melihat banyak pemain profesional yang sukses dalam karier olahraganya, maka Anda akan menemukan kata praktek, latihan, atau dengan kata lain usaha, jadi hal yang paling penting.

Ingatlah bahwa usaha dan konsistensi latihan bisa mempercepat hasil yang diinginkan. Lalu bagaimana caranya supaya bisa meningkatkan upaya dan usaha Anda, agar tubuh tetap sehat dan langsing?

1. Ketika sedang berolahraga, niatkan diri Anda untuk lebih banyak mencoba berbagai bentuk latihan atau mengikuti kelas-kelas berkelompok yang mungkin Anda sendiri tidak mengira bisa melakukannya.
2. Berusahalah untuk berolahraga setiap hari, bahkan di saat-saat Anda merasa tak perlu melakukannya.
3. Niatkan untuk berani mencoba berbagai olahraga yang lebih menantang, agar lebih fokus dan maksimal dalam menurunkan berat badan.
4. Kerahkan usaha dan upaya Anda untuk meningkatkan intensitas atau durasi latihan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com