Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pil KB Bikin Wanita Tak Menikmati Seks

Kompas.com - 31/03/2012, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Pil KB memang bisa membantu kita mengatur dan merencanakan kehamilan, tetapi pil kontrasepsi ini juga memberi efek lain yang kurang menyenangkan. Dilaporkan belum lama ini, pil KB mengubah perasaan kita mengenai cinta dan seks, karena mengubah senyawa kimia di dalam tubuh. Akibatnya, kita jadi tak begitu menikmati seks, dan merasa pasangan kita tak lagi menarik.

Menurut Dr Craig Roberts dari University of Stirling, hormon-hormon dalam alat kontrasepsi oral juga mengubah kecenderungan perempuan untuk tertarik pada tipe pria tertentu. Meskipun begitu, penelitian yang dilakukannya juga mendapati bahwa para perempuan menilai bahwa pasangan mereka memiliki sisi positif yang lebih tinggi dalam beberapa hal, seperti kesetiaan dan dukungan. Hal ini tentu juga tak kalah penting dibandingkan dengan daya tarik fisik.

Dr Robert sendiri menyarankan untuk menghentikan pemakaian pil KB ketika kaum perempuan menyadari bahwa kehidupan seksnya mulai terasa kurang menarik. "Memilih metode kontrasepsi non-hormonal selama beberapa bulan sebelum menikah, misalnya, bisa menjadi cara bagi wanita untuk meyakinkan dirinya kembali bahwa ia tertarik pada pasangannya," sarannya.

Dalam beberapa penelitian sebelumnya, pernah terungkap pula bahwa konsumsi pil KB membuat perempuan lebih terpikat pada pria-pria berwajah kekanakan ketimbang yang maskulin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com