Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Hamil Setelah Keguguran

Kompas.com - 03/04/2012, 10:13 WIB

TANYA:
 
Siang dok, 16 bulan yang lalu saya keguguran dan di kuret. Haid saya selama ini lancar dan tidak nyeri. Setelah di USG beberapa kali oleh 3 dokter SPOG yang berbeda disebutkan  bahwa kondisi rahim saya bagus. Saya juga telah meminum vitamin/obat yang diresepkan dokter. Analisa sperma suami saya normozospermia. Tetapi sampai sekarang saya belum hamil juga. Apa yang harus saya lakukan dok agar cepat hamil. Terimakasih.
 
Devi (23)


JAWAB:

Ibu Devy Yth

Kalau memang hasil dari pemeriksaan fisik organ ginekologinya normal, sperma juga normal, maka ibu lanjutkan saja dengan program hamil. Di picu dengan obat. Kita pantau 2 bulan. Bila belum hamil, ibu boleh periksa HSG untuk mengetahui saluran tubanya. Mudah-mudahan tidak ada sumbatan. Selanjutnya ibu bisa melakukan program inseminasi. Disamping itu untuk memperbesar peluang kehamilan, ibu upayakan cukup makanan yang bergizi dan cukup istirahat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com