Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Banjir Ancam Jakarta

Kompas.com - 04/04/2012, 02:34 WIB

Jakarta, Kompas - Hujan deras di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/4) sore, membuat ketinggian air Sungai Ciliwung melonjak mendekati Siaga II. Berdasarkan kondisi tersebut, Rabu dini hari ini, Jakarta diperkirakan mendapat kiriman banjir dari hulu Ciliwung.

”Kalau sudah 150 sentimeter (cm) masuk Siaga II banjir, tapi kemudian perlahan turun,” ujar Andi Sudirman, penjaga Bendung Katulampa, Selasa sore. Sekitar pukul 18.00, ketinggian air bertahan di posisi 100 cm.

Menurut Ardi, penjaga pos pemantau ketinggian air di Pos Panus Depok, pada pukul 20.00, ketinggian muka air mencapai 170 cm dari normalnya 150 cm. Pada pukul 21.00, ketinggian air menjadi 230 cm.

”Warga di daerah bantaran Sungai Ciliwung di Jakarta diharapkan waspada banjir pada enam jam ke depan (Rabu dini hari),” kata Ardi.

Menurut Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Pemprov DKI Cucu A Kurnia, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menginstruksikan aparat untuk segera membangun posko pelayanan masyarakat, seperti dapur umum dan kesehatan, di titik-titik kawasan yang rawan terkena dampak banjir kiriman.

”Posko-posko sudah siap dan mulai dioperasikan untuk mengantisipasi banjir kiriman,” kata Cucu.

Saat ini, Gubernur terus memantau perkembangan arus air di Kali Ciliwung melalui Pintu Air Katulampa, Bogor, dan permukaan Kali Angke melalui Cengkareng Drain. ”Sampai pukul 18.00, permukaan air di Cengkareng Drain sudah mencapai 260 cm. Pintu-pintu air itu sudah dibuka sehingga potensi terjadinya banjir kiriman di Jakarta akan cukup tinggi,” ujar Cucu.

Mengutip data Satgas Pengendalian Banjir, Cucu mengatakan, sejumlah kawasan yang berpotensi menerima banjir kiriman dari aliran Kali Ciliwung adalah Rawajati, Kalibata, Pengadegan, gang arus Cawang, Bukit Duri, Kampung Baru, Bidara Cina, dan Kampung Melayu. Titik rawan banjir di sekitar aliran Kali Angke meliputi Duri Kosambi, Rawa Buaya, Green Garden, Cengkareng, dan Kedoya.

Banjir di Tangerang

Sepanjang Selasa, banjir melanda sebagian Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat akibat luapan Kali Pesanggrahan dan Kali Krukut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com