Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Diramalkan Kebanjiran sampai Sabtu Ini

Kompas.com - 04/04/2012, 07:01 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bencana banjir mengepung Jakarta akibat hujan deras sejak awal pekan hingga tiga hari ke depan.

Perwakilan Bidang Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (4/4/2012) pagi di Jakarta, menjelaskan bahwa banjir terjadi di daerah aliran Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Krukut di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan serta Tangerang hingga ketinggian 1,5 meter. Sementara itu, sebagian hunian masyarakat terendam akibat luapan Kali Ciliwung.

"Di Jakarta Timur, banjir terjadi di Kecamatan Pasar Rebo (Kelurahan Kali Sari, Kelurahan Cijantung) dan Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Kampung Melayu). Di Jakarta Selatan terjadi di Kecamatan Pesanggrahan (Kelurahan Cipedak dan Kelurahan Ulujami), Kecamatan Kebayoran Baru (Kelurahan Petogogan)," papar Sutopo.

Tidak ada korban jiwa dari banjir tersebut. Ratusan rumah terendam banjir, sementara sebagian masyarakat mengungsi dan kemacetan parah terjadi di beberapa tempat.

Menurut Sutopo, di Kecamatan Pesanggrahan dan Kebayoran Baru terdapat 6 RW yang terendam dengan pengungsi 850 jiwa karena banjir setinggi 30-150 cm.

Sementara itu di wilayah Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, wilayah terkena banjir RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, RW 05, dan RW 07, warga terdampak 1.068 KK dengan ketinggian genangan 20-100 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com