Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Tidak Haid Selama 2 Tahun?

Kompas.com - 04/04/2012, 11:34 WIB


TANYA:
 
Saya sudah menikah tahun 2010 tetapi 3 bulan yang lalu bercerai. Yang ingin saya tanyakan, saya jarang menstruasi, bahkan dalam 2 tahun terakhir ini tidak haid sama sekali. Apakah ada masalah dengan kandungan saya? Saya sudah coba cek dan periksa ke dokter kandungan jawabannya selalu sama, karena hormon. Kemudian saya diberi pil hormon dan itu membuat saya gemuk. Sebenarnya apakah ada solusi lain yang lebih baik dok? Terima kasih.
 
Upik Noviana (24), Bengkulu


JAWAB:

Ibu Upik Yth.

Kalau dari data yang ada memang sepertinya ada kelainan hormon karena tidak haid 2 tahun. Saya sarankan ada baiknya ibu cek hormon dulu baru nanti pengobatannya kita sesuaikan dengan hasil pemeriksaan hormon tersebut. Kalau ibu khawatir dengan efek obat, ibu bisa mengupayakan atur diet dan olah raga yang teratur. Demikian pula dengan pola hidup yang teratur. Mudah-mudahan bisa membantu. Amin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com