Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Menyusui Bayi Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 05/04/2012, 11:21 WIB

KOMPAS.com — Hampir semua ibu yang ingin bisa menyusui atau memberikan ASI untuk bayi mereka. Tetapi, bagaimana dengan mereka yang memiliki bayi berkebutuhan khusus seperti down syndrome?

Terkadang, menyusui bayi dengan down syndrome memang cenderung lebih sulit dan membutuhkan lebih banyak waktu, kesabaran, dan ketekunan. Bahkan, banyak pula ibu memilih untuk tidak menyusui bayi mereka karena menganggap keadaan tersebut tidak memungkinkan untuk mereka memberikan ASI.

Bayi dengan down syndrome memiliki otot yang rendah sehingga mereka mengalami kesulitan ketika harus menempelkan mulut ke payudara atau dot. Akibatnya, bayi akan mengalami kesulitan melakukan koordinasi saat mengisap, menelan, dan bernapas. Bayi juga mungkin mengalami kesulitan mempertahankan posisi mulut sehingga Ibu perlu melakukan tekanan lembut ke atas dagu untuk membantu menjaga mulut bayi tetap tertutup ketika sedang menyusu.

Seperti diketahui, bayi dengan down syndrome umumnya memiliki gangguan pada jantung dan berisiko lebih tinggi untuk terkena kanker dan infeksi. Namun, kabar baiknya, cairan ASI yang Anda berikan dapat membantu otak bayi berkembang dan melindungi si mungil terhadap infeksi dan kanker.

Berikut adalah sejumlah manfaat memberikan ASI pada bayi dengan down syndrome:

1. ASI memiliki antibodi yang membantu bayi melawan infeksi. Seperti diketahui bahwa bayi dengan down syndrome umumnya lebih mudah terserang infeksi ketimbang bayi normal lainnya.

2. Melatih otot mulut. Dengan bayi mengisap ASI pada payudara Ibu, secara tidak langsung Anda telah melatih otot-otot mulut bayi, yang sama digunakan dalam berbicara. Memberikan ASI secara langsung biasanya akan lebih mudah ketimbang memakai botol, khususnya pada bayi dengan masalah jantung.

3. Kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayi juga akan membangun ikatan ibu dengan bayi dan memberikan bayi Anda rangsangan sensorik penting.

4. Mengurangi sembelit. Banyak bayi dengan down syndrome mengalami sembelit mungkin karena kerja dari otot yang lemah sehingga membuat kerja dari lambung lamban. Tetapi, bayi yang disusui biasanya jarang mengalami sembelit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com