Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejauh Mana Dorongan Bercinta Itu Normal?

Kompas.com - 05/04/2012, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Bila ditanya soal frekuensi berhubungan intim dengan pasangan, setiap orang memiliki jawaban yang berbeda. Tak heran bila kemudian muncul pertanyaan, seberapa sering, sih, frekuensi bercinta yang bisa dianggap normal oleh pakar? Apakah cukup sebulan sekali atau mungkin malah setiap hari? Jawabannya ternyata bergantung pada setiap individu. Sejauh mana mereka dan pasangan bersedia melakukannya tanpa merasa dipaksakan.

"Kebanyakan pasangan yang baru melewati masa bulan madu biasanya berhubungan intim sekitar 1,5 - 2 kali seminggu," kata Dr Noel Goldberg, seorang psikolog klinis. "Jika hubungan seks yang dilakukan dapat memberi kepuasan pada kedua belah pihak, tidak mengganggu rutinitas sehari-hari, dan baik Anda maupun pasangan sepakat soal kuantitas dan kualitasnya, bisa dikatakan dorongan seksual Anda berdua termasuk sehat dan normal," tambahnya.

Bila terjadi penurunan frekuensi, biasanya itu banyak dipengaruhi masalah komunikasi, relasi hubungan yang sedang bermasalah, atau kehadiran anak-anak yang cukup menguras energi.

Sementara menurut Dr Eric Grasser, direktur medis dari Unity Medicine, sehat atau tidaknya dorongan seks pasangan bisa bergantung pada berbagai faktor. "Untuk mencapai hubungan yang harmonis dengan pasangan, dibutuhkan keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Ketiganya harus dalam kondisi sehat, barulah Anda bisa memiliki dorongan seksual yang juga sehat," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com