Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vasektomi di Bengkulu Berhadiah Rp 1 juta

Kompas.com - 06/04/2012, 14:55 WIB

Sebuah kota kabupaten di Bengkulu menawarkan hadiah Rp 1 juta bagi lelaki mendukung program keluarga berencana dengan melakukan vasektomi.

Bupati Kabupaten Mukomuko, Ichwan Yunus, mengatakan bahwa program ini digalakkan sebagai bagian dari upaya mengentaskan kemiskinan karena dengan keluarga kecil, masyarakat bisa hidup dengan lebih baik.

Program ini diluncurkan setelah para pejabat mendapat banyak masukan dari masyarakat. "Jika suami divasektomi, kesehatan ibu-ibu terjamin dan tidak ada risiko bagi para ibu," kata Ichwan kepada BBC.

Ia mengatakan vasektomi berhadiah ini tidak hanya berlaku bagi PNS tetapi juga bagi warga.

"Tidak hanya ditujukan pada pegawai negeri, saya sudah sejak enam bulan yang lalu mendorong pejabat dan pegawai agar segera mendaftarkan diri dan memberi insentif, juga pada semua masyakarat lelaki," kata Ichwan.

Dana untuk memberi insentif diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Selingkuh

Saat ini Mukomuko memiliki populasi 170.000 jiwa dengan tingkat pertumbuhan penduduk 1,9 persen per tahun. Sedangkan total populasi di Indonesia saat ini 240 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan penduduk 1,49 persen per tahun menurut sensus terakhir Badan Pusat Statistik pada 2011.

Namun program insentif ini bukan tanpa hambatan. Ichwan mengakui ada juga istri yang khawatir bahwa vasektomi akan membuat suami mereka tergoda untuk berselingkuh.

"Kami juga ingin bekerja sama dengan ulama, ustad dan pastor untuk memberikan dorongan moral pada ibu ibu agar jangan takut suami mereka akan 'melacurkan diri' setelah vasektomi," kata Ichwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com