Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Top Sepak Bola Punya Otak Super

Kompas.com - 11/04/2012, 16:19 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Atlet berotot kurang cerdas, begitulah stereotipnya. Namun, studi terbaru mengungkapkan bahwa atlet sepak bola ternyata punya fungsi eksekutif superior, bertanggung jawab dalam perencanaan, dan pemikiran abstrak. Semakin top pemain bola, semakin baik fungsi itu.

Kemampuan itu disebut kecerdasan permainan. Predrag Petrovic, pakar ilmu syaraf dari Karolinska Institute di Swedia mengatakan, "(Ini) sangat mendasar dalam cara pembuatan keputusan. Ini terkait dengan cara bekerja cepat mengolah informasi dan membuat keputusan terkait lingkungan sekitar."

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, Petrovic mengukur fungsi eksekutif sejumlah orang, termasuk pemain sepak bola, dengan tes standar yang disebut D-KEFS. Tes ini menguji kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan pembuatan aturan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemain bola unggulan meraih skor tertinggi, diikuti dengan pemain bola di kelas yang lebih rendah. Adapun orang yang bukan pemain sepak bola meraih hasil tes yang lebih rendah.

Petrovic menuturkan, perbedaannya antar grup sampel cukup signifikan. Pemain papan atas punya skor dua persen lebih tinggi dari pemain umumnya. Tidak jelas apakah kemampuan otak tersebut adalah warisan genetik atau hasil tempaan. Petrovic mengatakan, kemampuan tersebut bisa hasil dari keduanya, fungsi tersebut dapat ditingkatkan dengan cara berlatih secara tepat.

"Anda tak bisa menjadi pemain bagus jika tak punya fungsi eksekutif bagus. Tapi pada saat yang sama, Anda bisa meningkatkan fungsi eksekutif jika berlatih," jelas Petrovic seperti dikutip New York Times, Senin (9/4/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com