Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ejakulasi" pada Perempuan

Kompas.com - 12/04/2012, 08:05 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya  mengenai masalah orgasme. Apakah benar apabila seorang wanita mencapai orgasme selalu ditandai dengan keluarnya cairan? Menurut teman yang pernah melihat film biru,ada wanita yang tampak mengeluarkan cairan dari kelaminnya. Sedangkan saya sendiri merasa jarang mengalami hal tersebut. Kalaupun keluar cairan, biasanya beberapa saat setelah pasangan saya mencapai klimaks, tapi saya merasakan kenikmatan. Apakah benar cairan merupakan pertanda orgasme pada wanita? Terima kasih atas jawabannya.

(Ida, 30, Surabaya)

JAWAB :

Orgasme adalah puncak ransangan seksual, yang dirasakan oleh pria dan perempuan. Tanda orgasme adalah perasaan nikmat dan kontraksi otot sekitar kelamin dan bahkan seluruh tubuh.

Pada pria normal, orgasme disertai keluarnya cairan sperma (ejakulasi). Tetapi pada perempuan, keluarnya cairan tidak harus terjadi. Tetapi, pada dasarnya perempuan juga dapat mengalami "ejakulasi" mirip pria, khususnya kalau menerima rangsangan pada daerah G spot yang ada di dalam vagina.

Namun "ejakulasi" pada perempuan tidak mempunyai makna apapun. Saya pikir Anda tidak perlu membandingkan dengan adegan pada film itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com