Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nono: Biar Masyarakat Nilai Aksi Jari Tengah Itu

Kompas.com - 17/04/2012, 19:54 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi jari tengah Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, membuat heboh warga Ibu Kota. Pasalnya, baru kali ini seorang gubernur mengacungkan jari tengahnya di hadapan publik saat berpose bersama personel band Soul Energy. Banyak pro dan kontra terkait aksi sang Gubernur itu. Lalu, bagaimana tanggapan pesaing Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, dalam Pemilukada DKI Jakarta mendatang?

Nono Sampono, misalnya. Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta yang berpasangan dengan Alex Noerdin ini mengaku tak mau berkomentar banyak akan aksi Foke tersebut. Ia pun menyerahkan penilaian sepenuhnya kepada masyarakat. "Saya serahkan saja sepenuhnya kepada masyarakat, biar masyarakat saja yang menilai bagaimana aksi itu," ungkap Nono kepada para wartawan usai melakukan pertemuan dengan geng motor di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, membuat heboh jagat dunia maya lantaran fotonya bersama seorang gadis belia beredar di jejaring sosial. Bukan persoalan foto bersama gadis yang membuat publik terkaget-kaget, tetapi justru aksinya mengacungkan jari tengah di dalam foto itu. Di foto yang merupakan hasil capture dari sebuah rekaman video itu diambil pada Minggu (15/4/2012) lalu di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Saat itu Foke menghadiri Bursa Mobil dan Motor Bekas yang merupakan rangkaian perayaan hari ulang tahun harian Poskota. Ketika itu, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, diminta naik ke atas panggung untuk menyerahkan sejumlah hadiah doorprize yang ia sumbangkan dan hadiah kepada pemenang-pemenang lomba.

Di foto itu, Foke tampak berpose bersama seorang gadis belia yang memenangi penghargaan lomba band. Secara spontan, gadis yang belakangan diketahui bernama Heny itu langsung mengacungkan jari tengahnya tepat di samping sang Gubernur. Melihat itu, Foke yang awalnya sudah siap berpose sambil mengacungkan jempolnya ke depan tampak cukup kaget dan sempat menoleh ke Heny.

Ia pun tampak terkekeh melihat aksi anak muda itu. Sejurus kemudian, Foke rupanya tak mau kalah bergaya di atas panggung, ia pun mengikuti gaya sang gadis sambil mengacungkan jari tengah di hadapan sekitar 100 penonton dan termasuk sejumlah pejabat DKI seperti Kepala Dinas Pendidikan, Taufik Yudi Mulyanto, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, Kepala Dinas Pemuda dan OR Ratiyono dan pejabat Polda Metro Jaya seperti Irwasda Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ricardo Hutahuruk dan Kepala Bidang Humas Komisaris Besar Rikwanto.

Akibat aksi mengacungkan jari tengah itu, sontak sejumlah penonton langsung terkaget-kaget. "Itu beneran yah dia kasih jari tengah," celetuk salah seorang penonton. Foke sudah dimintakan klarifikasinya terkait aksi jari tengahnya itu. Foke mengaku tak tahu menahu arti jari tengah itu karena ia hanya mengikuti gaya anak muda di sampingnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com