Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamil Muda, Bolehkah Naik Pesawat?

Kompas.com - 21/04/2012, 08:31 WIB


TANYA:
 
Ada beberapa hal yg mau saya tanyakan dok, 1. apakah usia kandungan 2 bulan aman untuk naik pesawat? 2. apakah benar usia kandungan trisemester awal tak boleh melakukan hubungan suami istri dulu? 3. Ada yang bilang air kelapa itu bagus untuk ibu hamil, tapi ada yang bilang justru tidak boleh, mana yg benar dok? terima kasih atas perhatiannya.
 
Irfan (27), Bandung


JAWAB:

Bpk / ibu Irfan Yth

Pada usia kehamilan di bawah 14 minggu sangat tidak dianjurkan untuk bepergian dengan pesawat terbang. Karena pada saat take off dan landing ada guncangan yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim dan ditakutkan dapat terjadi keguguran.

Hubungan suami istri tetap boleh dilakukan selama istri tidak ada keluhan perdarahan aan kontraksi. Memang kalau bisa frekuensinya dikurangi.

Mengenai air kelapa, sebenarnya  90% berisi air, selebihnya elektrolit. Jadi boleh saja di minum oleh ibu hamil. Pada keadaan hamil terjadi peningkatan luas permukaan tubuh sehingga penguapan pun semakin bertambah. Dengan demikian ibu hamil sangat perlu banyak minum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com