Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Asupan Omega 3 Bagi Perokok

Kompas.com - 24/04/2012, 15:13 WIB

KOMPAS.com - Diet tinggi asam lemak omega-3 ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan khususnya bagi para perokok dalam mengatasi kerusakan pembuluh darah. Demikian hasil riset terbaru yang dilakukan para ilmuwan dari Yunani.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan mengkaji sejauhmana perubahan yang dialami peserta studi yang mendapatkan pengobatan oral (yang diberikan dua gram asam lemak omega-3) setiap hari selama empat minggu terhadap kesehatan arteri perokok.

Hasil penelitian menunjukkan, pengobatan jangka pendek dengan minyak ikan dapat memperbaiki kekakuan arteri dan meminimalkan kerusakan elastisitas arterial. Asam lemak omega-3 adalah lemak yang biasa ditemukan dalam ikan laut dan minyak nabati.

"Temuan ini menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat menghambat efek merugikan dari merokok pada fungsi arteri, yang merupakan penanda independen dari risiko kardiovaskular," kata ahli jantung Gerasimos Siasos dari University of Athena Medical School.

Lebih lanjut Siasos menambahkan, berdasarkan rekomendasi American Heart Association, seseorang tanpa riwayat penyakit jantung koroner tetap harus mengkonsumsi berbagai jenis ikan (kaya asam lemak omega-3) setidaknya dua kali per minggu.

"World Heart Federation mendorong agar semua perokok menghentikan kebiasaan buruk mereka," kata Kathryn Taubert, peneliti utama studi.

"Satu-satunya cara untuk melindungi tubuh Anda dari efek berbahaya dari tembakau adalah dengan berhenti merokok. Kami mendorong semua orang, baik perokok dan bukan perokok, untuk menjalani pola diet sehat, termasuk mengkonsumsi makanan kaya akan omega-3," tambahnya.

Temuan ini dipresentasikan pada World Congress of Cardiology di Dubai. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 juga dapat membantu menghentikan penyebaran kanker, mencerdaskan otak, mengobati diabetes dan mencegah masalah jantung pada bayi berat lahir rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com