Selasa, 26 Mei 2015

Health

KONSULTASI KESEHATAN JIWA dr Andri, SpKJ, FAPM
Bersama dr Andri,SpKJ,FAPM Psikiater dengan kekhususan di bidang Psikosomatik Medis dan Psikiatri Liaison. Penanggung jawab Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang. Anggota dari American Psychosomatic Society dan Fellow of The Academy of Psychosomatic Medicine

Pikun di Usia 17 Tahun?

Rabu, 25 April 2012 | 07:52 WIB

TANYA :

Dok saya mau bertanya, kenapa ya akhir-akhir ini saya gampang sekali mengalami lupa seperti orang pikun. Anehnya, lupa saya itu berbeda dari biasanya. Pernah waktu itu saya merasa sudah mengerjakan tugas dan saya yakin sekali bahwa saya sudah mengerjakannya. Akan tetapi, sesampainya di sekolah, ternyata saya belum mengerjakan apapun.  Hal ini membuat saya merasa seolah melakukan sesuatu yang tidak pernah saya lakukan. Ada apa dengan saya ini dok? Apakah saya mengalami kelainan, mohon pencerahannya.

(Advancie, 17, Ponorogo)


JAWAB :

Advancie yang baik,

Seusia anda rasanya lupa lebih disebabkan karena hilangnya konsentrasi. Kondisi ini biasa terjadi pada usia seperti anda ketika begitu banyak kegiatan yang saling bertumpukan tetapi anda tidak punya manajemen waktu yang baik. Akhirnya seringkali anda lupa dengan apa yang harus dikerjakan walaupun sering merasa hal tersebut sudah dilakukan.

Kondisi gangguan kognitif terkait penyakit otak biasanya jarang ditemukan untuk remaja seusia anda. Namun jika hal tersebut terjadi tiba-tiba dan tidak seperti biasanya, ada baiknya juga memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika ditandai dengan keluhan-keluhan lain misalnya sakit kepala berat, demam tinggi atau adanya kaku di daerah leher sehingga sulit menggerakan.

Jika demikian, anda bisa memeriksakan diri anda ke dokter spesialis saraf, namun jika tanda-tanda itu tidak ada maka ada baiknya anda belajar untuk melatih konsentrasi dan melakukan apa yang diinginkan sesuai urutan. Bisa mencatat di diari dan melakukan pengecekan setiap habis melakukan sesuatu yang direncanakan.

Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa  

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat