Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haid Tak Teratur karena Kontrasepsi

Kompas.com - 25/04/2012, 10:15 WIB


TANYA:
 
Dok, sejak melahirkan 6 tahun lalu saya mengikuti program kontrasepsi suntik setiap bulan. Tapi setelah 5 tahun menstruasi saya mulai tidak teratur, dan sudah setahun ini saya ganti kontrasepsi pil. Akan tetapi menstruasi saya tetap tidak teratur dan hanya berupa bercak itupun 3 bln sekali. Saya sudah pernah mengkonsumsi pil hormo atas saran dokter tapi sampai saat haid saya tetap tak teratur. Bagaiman solusi atau obat apa yang saya harus konsumsi sehgingga menstruasi saya bisa normal?
 
Surip (36), Jambi

JAWAB:

Sepertinya cukup lama juga  pemakaian KB suntiknya. Cara yang paling mudah adalah ibu stop semua obatnya. Kita evaluasi 3 bulan. Kalau ibu belum mau hamil, boleh pakai kondom dulu. Ibu upayakan makan yang bergizi dan cukup olah raga. Biasanya nanti haidnya akan teratur lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com