Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex: Uang untuk Relawan Bukan "Money Politic"

Kompas.com - 29/04/2012, 14:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin membantah bahwa sejumlah kompensasi yang diberikan kepada lebih dari 21.000 relawannya di lapangan merupakan bentuk money politic.

"Money politic apa? Relawan itu kan tim sukses. Kalau diberi uang transport itu wajar lah," ujarnya singkat kepada Kompas.com usai konsolidasi akbar kader Golkar di Gelanggang Olahraga Youth Center, Jl. Otista Raya, Jakarta Timur, Minggu (29/4/2012).

Sebelumnya diberitakan, sekitar 21.000 relawan telah terjaring dalam konsolidasi massa pemenangan pasangan yang diusung oleh Partai Golkar, PPP, dan PDS tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para relawannya ini, tim Alex-Nono berencana memberikan paket umroh, fasilitas mobil, dan asuransi jiwa.

Untuk asuransi jiwa, akan berlaku selama enam bulan dengan nilai mencapai Rp 6 juta. Adapun rincian nilai asuransi yang akan diterima yakni asuransi meninggal dunia Rp 2 juta, asuransi bila mengalami cacat Rp 5 juta, dan asuransi jika meninggal dunia akibat kecelakaan Rp 6 juta.

"Memang relawan enggak butuh makan? Enggak butuh dana buat pergi-pergi? Ya wajar kalau itu diberikan. Nah, kalau umroh ini, untuk yang rajin. Lagipula ini yang diberikan relawan, bukan pemilih. Kalau money politic sih diberikan ke satu-satu pemilih, tapi ini enggak," kata Alex.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com