Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Obat Generik Cenderung Stagnan

Kompas.com - 05/05/2012, 22:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pangsa pasar obat generik cenderung stagnan berkisar 10 persen hingga 11 persen di Indonesia. Namun, volume penjualan obat generik membesar.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Maura Linda Sitanggang dalam temu media terkait penyelenggaraan konvensi bahan baku obat internasional Convention on Pharmaceutical Ingredients Southeast Asia (CPhl SEA), di Kementerian Kesehatan, Jumat (4/5/2012) kemarin.

Volume penjualan obat generik terus membesar dan kini mencapai sekitar 40 persen dari penjualan obat nasional. Di negara-negara maju, volume penjualan obat generik mencapai 80 persen.

Peningkatan penggunaan obat generik terutama untuk obat penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes, ujar Linda . Penderita kedua penyakit itu mengonsumsi obat secara teratur dalam waktu panjang. Penggunaan obat yang kualitasnya sama dengan obat bermerek, tetapi berharga jauh lebih murah sangat membantu pengguna.

Linda mengatakan, obat generik tidak kalah baiknya dengan obat bermerek karena sudah melalui standardisasi mutu sehingga masyarakat tidak perlu ragu mengonsumsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com