Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meningkat Tajam, Siswa Penderita Mata Rabun di Asia

Kompas.com - 06/05/2012, 17:17 WIB

KOMPAS.com — Lebih dari 90 persen anak-anak yang lulus sekolah di kota-kota besar Asia mengalami miopia atau mata rabun, demikian menurut satu penelitian.

Para peneliti mengatakan "peningkatan tajam" masalah ini karena para siswa terlalu banyak belajar di sekolah dan di rumah sehingga kurang mendapat cahaya matahari di luar. Para ilmuwan mengatakan dalam jurnal ilmiah the Lancet bahwa satu dari lima siswa dapat mengalami kerusakan mata, bahkan kebutaan.

Mereka mengatakan, saat senggang, para siswa juga lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain komputer dan menonton televisi di rumah. Peneliti mengatakan, para siswa seharusnya menghabiskan waktu paling tidak tiga jam sehari untuk menstimulasi produksi dopamine, bahan kimia yang mencegah anak-anak mengalami miopia.

Menurut Profesor Ian Morgan dari Universitas Nasional Australia yang memimpin penelitian, angka rata-rata miopia di Asia Tenggara sebelumnya 20 persen-30 persen.

"Apa yang kami lakukan dalam kajian tertulis adalah semua bukti menunjukkan bahwa sesuatu yang luar biasa terjadi di Asia Timur dalam dua generasi terakhir," kata Morgan kepada BBC.

"Angka miopia meningkat dari 20 persen jumlah penduduk menjadi lebih dari 80 persen, bahkan 90 persen untuk anak-anak muda. Jelas ini merupakan masalah besar bagi kesehatan."

Faktor keturunan bukan penyebab utama

Para pakar mata mengatakan, gangguan miopia adalah bila penglihatan terganggu di atas jarak dua meter.

Berdasarkan penelitian, penyebab gangguan mata ini karena berbagai faktor, antara lain karena tuntutan pendidikan dan kurangnya cahaya luar.

Profesor Morgan mengatakan, banyak anak di Asia Tenggara menghabiskan waktu lama untuk belajar di sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com