Sabtu, 25 Oktober 2014 14:48
Caring by Sharing | Kompas.com

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Testis Tak Berkembang, Bisakah Punya Anak?

Rabu, 9 Mei 2012 | 15:13 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi sel sperma

TANYA :

Prof, saya didiagnosis mengindap sindrom Kallmann ketika  berobat di poliklinik endokrin Rumah Sakit Ciptomangunkusumo Jakarta pada  tahun 1990. Saat itu. usia saya baru 20 tahun. Setelah pengobatan dengan injeksi sustanon (testosteron) setiap 4 minggu, perkembangan seksual sekundernya muncul. Saat ini, saya sudah meninkah hampir 15 tahun. Dari hasil tes, kadar sperma yang saya miliki hampir 0 %, karena testis saya tidak berkembang baik. Dari hasil lab seperti itu, bisakah saya mempunya anak sendiri, misalnya dengan bayi tabung?

(Ibnu, 42, Indramayu)


JAWAB

Pada sindrom Kalmann, terjadi kekurangan hormon gonadotropin dan testosteron. Dengan pengobatan, organ kelamin khususnya penis dapat berkembang, tetapi belum tentu testis dapat berkembang.

Kalau ternyata testis Anda tidak berkembang, tentu tidak dapat memproduksi sel spermatozoa. Dalam keadaan begini, tentu tidak dapat menghasilkan kehamilan. Mengenai apakah mungkin dengan teknologi bayi tabung, ya tergantung bagaimana keadaan testis Anda.

Kalau ada produksi sel spermatozoa walaupun sangat sedikit, teknologi bayi tabung (ICSI) masih dapat dilakukan, terlepas dari berhasil atau tidak. Tetapi kalau sama sekali tidak ada sel spermatozoa, tentu ICSI tidak dapat dilakukan.

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui