Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cepat dan Hemat, Bersih-Bersih Tanpa Zat Beracun

Kompas.com - 10/05/2012, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Jangan hamburkan uang untuk produk pembersih, karena sebetulnya banyak di antaranya yang mengandung kandungan berbahaya. Kabar baiknya, kita bisa membersihkan dengan zat non-toksik atau zat tak beracun, ditambah dengan bonus hemat waktu.

Membersihkan perabot dan appliances seringkali memancing kita untuk memanfaatkan pembersih mengandung zat kimia berbahaya. Tak hanya merusak tubuh, zat kimia tertentu seringkali membuat kerusakan pada material jika digunakan melebihi takaran.

Saat ini, risiko tersebut bisa dikurangi bila kita mengenal zat-zat tak berbahaya. Zat ini bisa berasal dari bumbu masak atau tanaman yang bisa ditemui sehari-hari di sekitar kita. Untuk itu, simak cara membersihkan perabot dan perkakas rumah tangga dengan zat tak beracun ini:

Mengilapkan panci tembaga

Panci tembaga begitu kusam dan kotor? Coba pakai ketchup (saus tomat botolan)! Asam di dalam tomat dan vinegar adalah pembersih alamiah yang hebat. Caranya, oleskan ketchup secukupnya pada pot. Diamkan 10 menit, lalu bilas. Pot tembaga Anda akan bersinar tanpa zat kimia keras dan tak perlu digosok.

Membersihkan oven kotor

Tak suka bau dan kotornya uap dari dalam oven? Campur 1 cup air dan 2 sendok makan Tang (bubuk jeruk untuk minuman) dan lap oven. Diamkan 10 menit, lalu lap bersih. Tang mengandung citric acid, yaitu pembersih minyak alamiah yang membantu melarutkan noda gosong.

Mengilapkan alat berkebun dengan teh

Alat berkebun Anda berkarat dan tampak kotor? Tak perlu beli pembersih khusus untuk karat. Gunakan cara lebih murah berikut ini; seduh beberapa pot teh kental. Kemudian, biarkan teh menjadi dingin, lalu tuang ke dalam ember. Langkah berikutnya, rendam alat berkebun yang berkarat selama beberapa jam atau semalam. Setelah itu, lap kering dan bersihkan. Tannic acid di dalam teh telah membersihkan karat pada perkakas kebun Anda. (Richardus Setia Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com