Senin, 1 September 2014 20:43

15 Cara Menghargai Tubuh

Penulis : Wardah Fazriyati | Rabu, 16 Mei 2012 | 10:03 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Setiap hari, individu menghadapi berbagai pecitraan tentang tubuh yang tak selamanya sejalan dengan kenyataan. Berbagai iklan produk misalnya, menggambarkan tubuh ideal dengan badan yang langsing, perut rata, serta berbagai kesempurnaan bentuk tubuh lainnya. Faktanya, tak banyak orang yang memiliki tubuh sesempurna ini namun banyak orang harus menghadapi pencitraan buruk atas tubuhnya.

Terapis dan coach kesehatan, Linda DiBella dan Nancy Lee Bentley memberikan sejumlah saran agar Anda memiliki citra tubuh yang lebih positif.

1. Berhenti membandingkan diri.
Berhentilah membandingkan tubuh Anda dengan orang lain. Perilaku seperti ini hanya akan melelahkan Anda, karena pada dasarnya setiap orang berharap bisa mengubah bagian tertentu dalam tubuhnya yang dirasa kurang sempurna. Jadi, jika Anda terus membandingkan diri, tak akan ada habisnya.

Percayalah bahwa setiap orang unik. Jika Anda berharap bisa mengganti rambut keriting Anda, bentuk paha atau cara Anda tersenyum, ini sama artinya dengan Anda ingin menghilangkan sesuatu yang unik dari diri Anda sendiri. Fokuslah pada kualitas diri Anda, karena dengan cara ini semangat Anda akan terus membara dan membuat berbagai hal yang tidak Anda suka dari tubuh Anda menjadi semakin tak terlihat.

2. Fokus pada perubahan.
Jangan hanya mengasihani diri sendiri, misalnya dengan berandai-andai Anda bisa memiliki tubuh yang lebih tinggi. Fokuskan diri Anda pada perubahan yang ingin Anda wujudkan. Misalnya, Anda ingin mengencangkan tubuh, maka lakukan yoga atau pilates, atau hal lain yang bisa memberikan perubahan pada tubuh menjadi lebih baik dan sehat lagi.

3. Tak perlu ragu bergaya.
Berpakaianlah sesuai apa yang Anda inginkan. Anda tak harus menunggu sampai berat badan turun untuk tampil gaya dengan busana favorit Anda. Padu padan busana sesuai bentuk tubuh Anda, dan tampilah lebih gaya. Anda juga layak tampil beda dan gaya, bukan sekadar memilih busana untuk menutupi bentuk tubuh.

Tampil dengan busana fashionable dengan gaya personal akan memperbaiki citra tubuh, dan Anda akan merasa lebih baik, lebih termotivasi dan siap membuat perubahan positif.

4. Ciptakan dan hadirkan keindahan.
Munculkan semangat positif dalam lingkungan terdekat Anda. Mulai di meja kerja, di ruang santai, di dapur di berbagai sisi kehidupan Anda.

Ciptakan ruang kerja yang segar dan positif, misalnya dengan menaruh bunga segar di meja kerja. Tambahkan bantal di sofa, atau putar musik sambil menyiapkan sarapan atau makan malam. Anda bisa menciptakan suasana positif dengan cara sederhana, bahkan hanya dengan sekadar minum air putih menggunakan gelas kristal misalnya.

5. Merawat diri.
Semakin Anda mencintai dan merawat diri Anda sendiri, apa yang Anda punya saat ini, Anda akan semakin bergerak ke arah yang lebih baik dan lebih mampu mengembangkan diri. Jadi, tak ada salahnya merawat diri dengan menjadwalkan kegiatan seperti spa, membaca buku sambil bersantai, atau menulis jurnal pribadi.

6. Bergaul dengan pribadi positif.

Ciptakan sistem dukungan, caranya luangkan waktu dengan teman, kerabat, keluarga yang mampu memberikan pengaruh positif pada diri Anda. Ajak orang-orang positif ini untuk olahraga bersama, mencoba resep sehat baru, dan berikan dukungan satu sama lain terutama jika terjadi perubahan signifikan.

7. Fokus pada passion.
Alih-alih memenuhi pikiran dengan perspektif Anda mengenai tubuh, lebih baik fokus pada passion Anda. Apa yang paling ingin Anda lakukan. Dengan begitu, semangat Anda akan bertambah kuat dan Anda merasa lebih positif terhadap diri sendiri.

8.Lebih ramah pada diri sendiri.
Terkadang, kita lebih sering bersikap ramah terhadap orang lain namun tidak pada diri sendiri. Bersikaplah lebih lembut dan sabar terhadap diri sendiri, dengan lebih menyayangi dan menerima diri lebih positif. Dengan begitu, Anda bisa merawat diri sendiri lebih baik dan lebih ramah pada tubuh Anda.

9. Perbaiki cara makan.
Perlakukan makanan dengan baik dan nikmatilah waktu makan. Saat makan, ciptakan lingkungan yang tenang, nyaman, makan perlahan dan nikmati setiap kunyahan. Sensitivitas seperti ini melatih diri Anda untuk lebih mengenal sinyal dari dalam diri, dan membantu Anda meningkatkan rasa penghargaan terhadap diri.

10. Asah rasa syukur.
Semakin tinggi Anda menghargai apa yang dimiliki kini, semakin besar rasa syukur Anda. Buatlah daftar akan apa yang Anda miliki dan syukuri. Tambahkan selalu daftar itu dengan berbagai hal baru yang Anda syukuri setiap harinya. Setiap pagi dan malam sebelum tidur, jangan lupa mengisi daftar rasa syukur ini.

Percayalah, ketika Anda membacanya kembali, penghargaan atas diri semakin tinggi. Anda akan lebih positif, memiliki mindset yang lebih baik dan merasa lebih tenang.

11. Perbaiki dari dalam.
Spiritualitas ada kaitannya dengan citra diri positif. Percayakan pada batin dan nurani Anda, dan jalani hidup dengan kebijakan dari dalam diri yang tulus. Orang lain akan melihat keindahan dan kreativitas sejati yang muncul dari dalam diri Anda. Untuk membantu menghadirkan kecantikan dari dalam diri, Anda bisa mempraktikkan meditasi.

12. Membaca.
Bacalah buku-buku yang membantu Anda untuk lebih menghargai kenyataan. Bentuk keyakinan, prinsip, perilaku, ekspektasi, emosi dan penilaian yang lebih positif melalui pembelajaran dari buku atau bacaan apa pun yang membantu Anda menjadi pribadi lebih baik lagi. Sikap positif akan membantu Anda menilai lebih positif citra tubuh Anda.

13. Dengarkan tubuh Anda.
Saat bercermin perhatikan tubuh Anda. Lalu kenali siapa yang sedang berbicara tentang tubuh Anda, apakah pikiran atau hati Anda? Jika tak suka dengan penampilan Anda, alihkan pikiran atau tindakan negatif dengan lebih peka mendengarkan tubuh Anda, melalui hati yang bicara.

14. Realistis.
Jujur terhadap diri sendiri. Lihat kembali foto masa kecil Anda. Anda adalah dan masih menjadi sosok berharga yang ada dan dimiliki serta menjadi bagian alam semesta.Anda adalah salah satu pribadi unik yang pasti hadir karena alasan, Anda berharga sama seperti pribadi unik lainnya. Inilah fakta yang harus Anda terima.

15. Hentikan melawan diri sendiri.
Anda akan menjadi apa yang selama ini Anda selalu lawan. Jadi, berhentilah melawan diri sendiri. Yakini bahwa setiap pribadi bisa berubah. Jadi ubahlah sikap, pikiran dan hidup Anda. Caranya? Buatlah keputusan untuk mengubah pikiran negatif Anda, dan emosi Anda akan mengikutinya kemudian. Kekuatan pikiran menentukan keberhasilan Anda untuk menjadi pribadi yang lebih menghargai diri sendiri.


Sumber :
Your Tango
Editor :
wawa

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui