Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputihan Seperti Apa yang Normal?

Kompas.com - 18/05/2012, 11:58 WIB

TANYA:
 
Halo dok, saya sudah setahun lebih mengalami keputihan dan berbau. Pernah sekali berobat tetapi tidak sembuh dan saya menghentikannya. Setiap kali habis menstruasi keputihannya selalu muncul dan berbau seperti bau busuk, tetapi 2 minggu kemudian baunya berkurang, tidak seperti habis menstruasi.
 
Saya ingin bertanya, apa penyebab keputihan yang terjadi pada saya  dan apa dampak yang bisa ditimbulkan dari keputihan tersebut? Sebelumnya saya sudah pernah berhubungan intim.
 
Yani (20), Medan

JAWAB:

Keputihan itu normal, tapi tidak boleh gatal atau bau. Apalagi bau busuk. Untuk diagnosis pastinya ibu bisa melakukan pap smear dan periksa kultur-resistensi kuman dari swab vaginal pada saat muncul keputihan yang berbau.

Dampaknya, kalau berbau busuk, saya khawatir ada perdarahan. Dan kalau Ada infeksi, maka bisa terjadi komplikasi pada organ reproduksinya dan akan menggangu kesuburan. Untuk sementara ibu bisa pakai cairan pembersih vagina dan upayakan tetap kering. Mudah-mudahan kita segera tahu penyebabnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com