Jumat, 19 September 2014 06:45

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Sperma Tak Normal Setelah Latihan Kebugaran

Senin, 21 Mei 2012 | 08:47 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
irishhealth
Sperma

TANYA :

Halo dok, saya pria berusia 22 tahun. Dari dulu setiap kali saya ejakulasi, ada 2 jenis cairan yang keluar.  Yang pertama ada berbentuk cairan lengket yang bening, dan setau saya itu adalah semen/pelumas dan banyak keluar saat pre-ejakulasi. Ketika ejakulasi, disusul banyak cairan berwarna putih pekat (putih susu) dan disertai gumpalan kecil.

Belakangan ini,saya tidak lagi menemukan gumpalan itu saat ejakulasi, cairan semen juga sangat sedikit, dan cairan putih pekat hampir tidak ada (sangat sedikit, kadang hampir tidak ada). Terkadang juga banyak, tapi tidak lagi putih melainkan agak kekuning-kuningan dan tanpa disertai gumpalan itu. Kondisi ini mulai terjadi setelah saya berhenti dari latihan kebugaran (fitness), disusul dengan beberapa gejala seperti sakit saat kencing, nyeri di buah zakar sesaat setelah ejakulasi.

Dulu, saat sebelum melakukan fitness, saya tidak seperti ini dok,dan sekarang gejala sakit sudah hilang, tetapi kualitas sperma masih tidak ada gumpalan dok. Apa hal ini ada hubungan dengan penyakit? Dokter yang memeriksa saya dulu mengatakan bahwa ini cuma infeksi kandung kemih biasa. Lalu gimana dengan kualitas sperma yang sekarang dok? Saya tidak tahu itu apakah baik atau lebih buruk? Kalau itu buruk, bagaimana mengembalikan seperti semula, asupan gizi memang berkurang drastis, tapi dulu dengan gaya hidup buruk tidak berpengaruh ke kualitas sperma. Terima kasih dok.

(Asyef, 22, Jakarta)


JAWAB :

Maaf, saya sulit menjawab dengan tepat karena beberapa istilah yang Anda gunakan mungkin berbeda dengan yang saya artikan. Selain itu juga karena saya tidak memeriksa secara langsung. Tetapi sperma dapat diperiksa dan dibandingkan dengan parameter normalnya. Di dalamnya termasuk ada tidaknya gumpalan (aglutinasi) pada saat sperma dikeluarkan.

Gumpalan tersebut akan segera mencair dalam waktu tidak lama. Apakah benar gumpalan tersebut tidak ada ketika sperma Anda keluar, inilah yang perlu dipastikan melalui pemeriksaan laboratorium. Melalui analisis sperma di laboratorium dapat diketahui apakah kesuburan Anda normal atau tidak.

Yang pasti, dalam keadaan normal tidak ada gejala sakit saat kencing dan sakit pada buah zakar setelah ejakulasi, Kalau keadaan ini tetap terjadi, tentu Anda memerlukan pemeriksaan dan pengobatan yang benar. 

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui