Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Akibat Kurang Intim

Kompas.com - 23/05/2012, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Menarik lho. Beberapa hasil penelitian menunjukkan keintiman berkaitan erat dengan stres. Relasi yang intim bisa menjadi semacam benteng bagi efek negatif dari stres. Survei membuktikan, mereka yang intim dengan pasangan, lebih sedikit mengalami syndrom yang berkaitan dengan stres. Juga paling cepat dalam mengatasi berbagai penyakit. Mereka juga palng sedikit kemungkinan kumat dengan penyakitnya dibandingkan mereka yang tidak memiliki relasi yang intim.

Beberapa survei

Beberapa penelitian membuktikan perkawinan yang sehat melindungi pasangan suami/isteri dari stres. Kebiasaaan rutin, asupan gizi yang cukup, dukungan sosial, keintiman, dan adanya alasan untuk hidup, adalah faktor-faktor yang menyebabkan perkawinan menjadi semacam perlindungan

Saat meneliti hampir 28.000 pasien kanker, Goodwin Dkk (1987) mencatat bahwa pasien yang menikah mempunyai kemampuan bertahan hidup 23% lebih tinggi dibandingkan pasien yang tidak menikah. Para peneliti menyatakan bahwa bertambahnya harapan hidup ini diperoleh dari perlindungan emosi yang dihasilkan oleh pernikahan yang baik.

Senaliknya, Kekacauan dalam pernikahan seringkali mengakibatkan stres psikososial yang bisa melahirkan berbagai konsekuensi serius. Diantaranya: depresi, penyalahgunaan obat-obatan, penyakit gangguan hati, dan pergeseran fungsi imun sistem. Menurunnya fungsi imun mungkin turut menyumbang pada meningkatnya kematian yang disebabkan oleh infeksi dan kanker pada populasi orang-orang yang bercerai dan sedang merasa sangat kehilangan.

Mereka yang konflik dan akhirnya berpisah dilaporkan lebih sering menjadi pasien rawat inap atau pasien rawat jalan di bagian psikiatri. Pendeknya, di antara berbagai kelompok pernikahan; orang-orang yang miskin keintiman, konflik dan hidup berpisah mempunyai status kesehatan terburuk. Merekalah yang memiliki kondisi medis paling kronis dan akut, tidak bisa bekerja penuh, dan paling sering meminta cuti kerja.

Merawat keintiman

Untuk itu setiap anda yang menikah perlu belajar merawat dan mengembangkan keintiman. Memelihara dan memperkaya cinta yang sudah ada sejak pacaran.

Secara praktis, wujud merawat cinta berikanlah waktu yang cukup dengan pasangan. Usahakan Anda menjadi teman bicara yang menyenangkan. Sedikit ada humor dan canda. Suka membantu ketika pasangan membutuhkan pertolongan atau bantuan. Anda tidak hanya fokus pada bisnis dan karir Anda, sebaliknya berfokus pada pasangan.

Selalu memikirkan bagamana agar pasangan Anda senang dan puas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com