Minggu, 31 Mei 2015

Health

KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT drg. Citra Kusumasari, SpKG
Menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia. Ilmu Karies, Estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya. Praktik di Nice Dental Care Ciputra Medical Center. Lotte Shopping Avenue Fl.5 Ciputra World 1

Perlukah Memakai Kawat Gigi?

Jumat, 25 Mei 2012 | 07:36 WIB

TANYA  :

Dok,  apakah  sebenarnya fungsi dari pemasangan kawat gigi itu? Manfaat dan syaratnya apa saja? Saya memiliki gigi yang cukup maju dan berantakan, karena sewaktu kecil saya senang menghisap jari. Apa saya perlu memakai kawat gigi? Tapi masalahnya saya takut gigi dicabut. Adakah cara untuk membuat gigi saja rapi kembali tanpa harus mencabut dan memakai kawat gigi? Terima kasih atas jawabannya

(Teni, 22, Jakarta)


JAWAB :

Hallo mbak Teni, menarik sekali pertanyaannya. Manfaat dari pemasangan kawat gigi yaitu memperbaiki susunan gigi-geligi, memperbaiki pengunyahan, memperbaiki pelafalan kata yang salah, serta memperbaiki penampilan wajah.

Pasien yang memiliki susunan gigi yang tidak rapih mulai usia 8 tahun sampai 50 tahun atau lebih dapat menggunakan kawat gigi asalkan tulang rahangnya  masih dalam kondisi baik.

Dalam kasus mbak teni, sangat perlu menggunakan kawat gigi. Mbak Teni dapat berkonsultasi ke dokter gigi spesialis ortodonti untuk dilakukan pemeriksaan dan analisis gigi-geligi, serta analisis foto rontgen gigi. Biasanya dalam kasus ini, diperlukan pencabutan gigi untuk memberikan ruang dalam memundurkan gigi.

Tetapi tetap harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, untuk menentukan apakah perlu dilakukan pencabutan atau tidak. Mbak Teni tidak perlu takut karena semua ini adalah untuk kesehatan dan kebaikan mbak Teni sendiri.

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat