Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Kelulusan Siswa di Kediri Sepi

Kompas.com - 26/05/2012, 12:56 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Suasana pengumuman kelulusan ujian nasional tingkat SLTA di Kota Kediri tampak sepi dari aksi konvoi kendaraan maupun corat-coret yang biasa dilakukan siswa. Dari pantauan Kompas.com, beberapa lokasi yang biasa dipakai untuk merayakan kelulusan seperti tahun sebelumnya, seperti alun-alun, Bundaran Sekartaji Kota Kediri, dan monumen Simpang Lima Gumul, tampak lengang.

Pagi ini hanya tampak ada belasan siswa yang bergerombol serta pengendara motor yang berpakaian seragam siswa berlalu lalang tanpa terkoordinir sehingga tak tampak dari kesan arak-arakan.

Ari Prasetiono, siswa Sekolah Menengah Kejuruan asal Kabupaten Kediri menduga, sepinya aksi arak-arakan dikarenakan adanya perbedaan waktu pengumuman kelulusan antara jenjang sekolah menengah atas dan menengah kejuruan.

"Kalau SMA sudah serentak dilakukan (pengumumannya), tapi kalau SMK baru nanti jam dua. Jadi, nanti sore atau Senin baru akan ramai. Kami menunggu benar-benar lulus," kata Ari Prasetiono.

Di beberapa ruas jalan di Kota Kediri juga nampak banyak petugas kepolisian bersiaga. Mereka berjaga hampir di setiap perempatan serta tempat-tempat umum lainnya. Petugas patroli dengan motor maupun mobil juga bersliweran disepanjang jalan.

"Ada 300 personil yang disiagakan saat pengumuman kelulusan," kata Ajun Komisaris Surono, Kepala Subbag Humas Polres Kediri Kota pada kesempatan sebelumnya.

Sementara itu di area Monumen Simpang Lima Gumul, terlihat petugas dari Satpol PP terus berkeliling dan mengusir setiap pelajar yang bergerombol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com