Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Cadel Disembuhkan?

Kompas.com - 01/06/2012, 09:00 WIB

TANYA:
 

Saya seorang remaja putri yang mempunyai masalah serius pada lidah saya, yaitu tidak bisa mengucapkan huruf "R" . Hal ini sangat membuat minder dan tidak percaya diri dalam setiap pembicaraan dengan orang lain. Dokter, apakah kecadelan saya ini masih bisa di atasi baik secara medis atau alternatif lain? Mohon informasi dan tanggapannya. Terima Kasih dan saya tunggu jawaban secepatnya.
(Novi, Tangerang)

JAWAB :

Kesulitan mengucapkan huruf R, seringkali disebut sebagai cadel/pelo pada seorang anak dan remaja biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena kelainan fisiologis dan  faktor anatomi.

Cadel yang disebabkan oleh kelainan fisiologis jumlahnya sangat sedikit. Sedangkan faktor anatomi penyebabnya dibedakan menjadi tiga, yakni gangguan pada bagian pendengaran; gangguan pada otak (pusat bicara di otak); dan gangguan di wilayah mulut (kelaianan bentuk langit-langit, lidah dan lainnya).

Tentunya penanganannya tergantung kepada penyebabnya sehingga lebih efektif. Seringkali pula hal ini disebabkan karena pola asuh/kebiasaan orangtua yang menyebutkan kata-kata dengan lafal pelo untuk berbicara kepada anak sehingga menjadi kebiasaan yang terus ia bawa sampai ia besar.

Faktor psikososial seperti lingkungan kehidupan keluarga yang tidak harmonis dan depresif pun diduga dapat menyebabkan kondisi tersebut. Yang penting adalah mengidentifikasi kemungkinan penyebab kondisi putri ibu sehingga pendekatan terapinya menjadi lebih tepat dan terarah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com