Sabtu, 23 Mei 2015

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Mengukur Testis

Jumat, 1 Juni 2012 | 16:27 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya mengenai kondisi testis saya. Mengapa testis saya sangat kendor seperti buah yang menggantung saja dan lembek apalagi saat panas atau sehabis olahraga. Apakah hal ini dapat berpengaruh terhadap pada kualitas sperma dan peluang untk mendapatkan keturunan nanti ? Bagaimanakah bentuk atau kondisi testis yang normal itu?

(Miftah, 20, Tangerang)

JAWAB :

Lokasi tetis antara lain dipengaruhi oleh temperatur. Karena itu wajar kalau testis cenderung lebih rendah pada saat panas dan naik pada saat dingin. Begitu juga ketika terangsang, testis cenderung lebih tinggi letaknya.

Keadaan ini normal saja dan tidak ada pengaruhnya terhadap produksi sperma. Tetapi normal tidaknya testis tentu berpengaruh terhadap produksi sperma, yang berarri berpengaruh terhadap kesuburan. Misalnya testis yang pernah mengalami infeksi dapat mengalami akibat yang menyebabkan volumenya mengecil atau menjadi tidak licin dibandingkan yang normal.

Untuk mengetahui apakah testis normal atau tidak, tentu diperlukan pemeriksaan. Volume dan kekenyalan testis dapat diperiksa untuk menentukan normal atau tidak.

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat