Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 10 Orang Paling Bongsor di Dunia

Kompas.com - 05/06/2012, 17:17 WIB

KOMPAS.com — Pernahkah Anda membayangkan betapa tersiksanya hidup akibat berbadan tambun? Ya, memiliki badan yang terlampau gemuk atau obesitas bukan saja menyiksa diri, melainkan juga bisa membuat nyawa di ujung tanduk. 

Banyak penelitian membuktikan, obesitas menimbulkan kerugian, baik secara materiil maupun fisik. Biaya kesehatan yang dibutuhkan akan sangat besar karena pengidap obesitas menanggung risiko beragam penyakit, mulai dari gangguan jantung, diabetes tipe 2, kanker kolon, lever, kanker payudara, kanker endometrial, hingga degenerasi tulang. Belum lagi ancaman gangguan tidur dan pernapasan yang menempatkan penderita obesitas berisiko meninggal saat tertidur.

Akan tetapi, apa pun risiko yang mengintai orang gemuk, kabar baiknya adalah masalah obesitas pada banyak kasus dapat ditangani. Penerapan pola diet sehat plus olahraga teratur yang dikombinasi pengobatan dan tindakan bedah merupakan salah satu solusi memperbaiki kualitas hidup penderita obesitas.

Berikut ini adalah 10 orang yang sempat populer dan menjadi sorotan media karena problem obesitas yang dialaminya. Dengan mengenal 10 orang ini, diharapkan kita akan semakin bijak dalam memilih gaya hidup untuk mempertahankan bobot ideal.

1. Paul Mason

Pria Inggris berusia 51 tahun ini pernah dinobatkan sebagai pria terbongsor di dunia dengan timbangan mencapai 444,5 kg. Mason terbiasa mengasup hingga 20.000 kalori per hari atau 10 kali lipat dari asupan gizi pria normal. Ia pernah menjalani operasi gastric bypass untuk menurunkan risiko kematian. Setelah perutnya dioperasi, bobotnya turun menjadi 181 kg.

2. Donna Simpson

Donna Simpson adalah perempuan Amerika Serikat berusia 45 tahun yang pada 2008 lalu pernah bertekad mencatatkan dirinya menjadi wanita terberat di dunia. Simpson pernah mencapai timbangan seberat 450 kg dan membuat situs untuk para penggemarnya agar bisa menonton dan membayarnya ketika melahap makanan.

Pada 2010, ia pernah mendapat penghargaan Guinness World Record untuk kategori wanita melahirkan dengan bobot terberat di dunia. Pada Agustus 2011, Simpson memutuskan untuk menjalani diet dan menurunkan bobotnya menjadi 170 kg. Ia bertekad untuk menjadi lebih sehat dan bekerja untuk menghidupi anak-anaknya.

3. Manuel Uribe

Lahir pada 1965 di Monterrey Meksiko, Uribe pernah dikenal sebagai pria paling gemuk di dunia. Hobinya melahap pizza dan tacos membuat beratnya melambung hingga 597 kg. Karena kondisi itu pula, ia harus terbaring di tempat tidur sejak 2001.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com