Sabtu, 25 Oktober 2014 22:19
Caring by Sharing | Kompas.com

9 Cara Mengusir Bau Kaki

Penulis : Bramirus Mikail | Kamis, 7 Juni 2012 | 14:38 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock

KOMPAS.com - Masalah bau kaki memang sangat menjengkelkan dan terkadang membuat orang menjadi minder. Bau kaki bisa menimpa pada siapa saja, sehingga perlu upaya untuk mengantisipasinya.

Menurut American College of Foot dan Ankle Surgeons, masalah aroma tak sedap pada kaki umumnya disebabkan oleh bakteri dan jamur dalam sepatu, yang masuk lewat kulit. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa ide kreatif berikut ini:

1. Gunakan Antiperspirant pada telapak kaki

Antiperspirant adalah sediaan kosmetika yang digunakan untuk maksud mempersempit pori sehingga mengurangi keluarnya keringat. Antiperspirant tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi bau pada ketiak, tetapi juga dapat diterapkan pada telapak kaki. Antiperspirant berfungsi untuk memblok saluran yang menuju ke kelenjar keringat. Hal ini membantu mencegah keringat mencapai kulit dan membantu mengurangi bau.

2. Cuci kaki dengan air dan baking soda

Tambahkan sedikit baking soda untuk sabun dan air ketika Anda mencuci kaki. Baking soda tidak akan mengurangi keringat, tetapi dapat mengurangi jumlah bau yang dihasilkan. Selain menggunakannya untuk mencuci kaki Anda, baking soda dapat pula Anda gunakan untuk untuk mencuci sepatu dan kaus kaki. Baking soda itu akan membantu menyerap sebagian bau yang tidak menyenangkan.

3. Konsumsi suplemen Zinc dan Magnesium

Kekurangan mineral dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk satu yang mungkin akan mengejutkan Anda. Kekurangan mineral tertentu, seperti seng dan magnesium, dapat menyebabkan peningkatan bau badan, menurut para ilmuwan di Columbia University. Anda dapat meningkatkan zinc dalam diet Anda dengan mengonsumsi makanan, seperti daging sapi, salmon, biji labu dan yogurt. Sumber magnesium pada makanan bisa ditemukan pada beras merah, kacang hitam dan kacang almond. Namun sebelum mengambil suplemen itu, sebaiknya Anda berbicara terlebih dahulu dengan dokter.

4. Pakai kaus kaki berbahan katun

Jika bau kaki selalu menjadi masalah rutin bagi Anda, gunakanlah kaus kaki katika Anda mengenakan sepatu. Tanpa kaus kaki, keringat di kaki, biasanya akan pergi langsung ke sepatu. Kaus kaki membantu menyerap keringat dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam sepatu. Kaus kaki yang terbuat dari katun atau wol adalah pilihan yang terbaik, karena kedua bahan ini menyerap keringat lebih baik ketimbang kaus kaki berbahan nilon. Pastikan kaki Anda benar-benar kering sebelum memaki kaus kaki. Memakai kaus kaki ketika basah dapat menyebabkan kaki lembab dan memicu bau tak sedap.

5. Gunakan sabun jerawat dengan 10 persen Benzoil Peroksida

Mengingat bakteri adalah agen utama yang  menjadi penyebab bau kaki, penggunaan sabun antibakteri jerawat tampaknya dapat membantu. Carilah sabun jerawat dengan kandungan benzoil peroksida 10 persen, yang dapat mengurangi bakteri. Peroksida benzoil secara perlahan bekerja dengan melepaskan oksigen aktif yang memberikan efek bakteriostatik juga mempunyai efek keratolitik dan mengeringkan sehingga menunjang efek pengobatan.

6. Masukan kertas pengering ke dalam sepatu


Menempatkan kertas pengering di sepatu mungkin tampak aneh, tetapi hal ini dapat membantu menyerap bau kaki. Lembar pengering akan membantu menghilangkan bau busuk dan menjaga sepatu Anda tetap berbau segar.

7. Gunakan obat kumur

Obat kumur (mouthwash) tidak hanya bisa membuat nafas segar, tetapi juga dapat digunakan untuk menjaga kaki Anda supaya tidak terlalu bau. Rendam kaki Anda dalam air yang dicampur dengan obat kumur sekali sehari. Obat kumur ini akan membantu menghilangkan bakteri dari kaki Anda, dengan cara yang sama ketika membunuh bakteri di mulut. Jika cara ini cukup aneh bagi Anda, pertimbangkan untuk menggosok kaki dengan kapas yang sudah direndam obat kumur.

8. Lumuri kaki dengan tepung maizena

Sebelum memakai kaus kaki, Anda bisa menaburi tepung maizena pada kaki. Tepung maizena dapat membantu menyerap keringat, yang menyebabkan bau. Pastikan kaki Anda sudah benar-benar kering sebelum melumurinya dengan tepung maizena dan jangan lupa menerapkannya pada sela-sela jari kaki.

9. Mengganti sepatu sesering mungkin

Mengganti sepatu sebanyak mungkin dapat membantu mengurangi bau tak sedap pada kaki. Paling tidak, cobalah untuk menghindari mengenakan sepasang sepatu yang sama dua hari berturut-turut. Ketika sepatu Anda basah dari keringat, dibutuhkan beberapa jam untuk benar-benar kering.


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui