Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarnaval Digelar, Jalan Thamrin Ditutup

Kompas.com - 10/06/2012, 16:41 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan warga DKI Jakarta, Minggu (10/6/2012), sore ini tampak memadati kawasan Jalan Thamrin dan sekitarnya. Masyarakat berada di sekitar jalan itu sejak pukul 15.00 untuk menunggu atraksi dan karnaval menyambut HUT ke-485 DKI Jakarta.

Banyaknya warga membuat petugas kepolisian harus menutup jalan di depan mal Sarinah menuju Monas, Tanah Abang, dan Jalan Jaksa. Rencananya, rute perjalanan Jakarnaval ini dimulai dari Balai Kota, MH Thamrin, Sarinah, Jalan Wahid Hasyim, dan berakhir di Silang Monas.

Sementara itu, parade kendaraan dimulai dari Balai Kota, MH Thamrin, dan Bundaran HI. Kebanyakan warga terdiri dari keluarga, anak-anak, dan remaja yang ingin melihat dari dekat karnaval tersebut.

Selain menonton langsung di tengah jalan, tak sedikit warga memilih melihat dari atas gedung-gedung tinggi di sekitar Thamrin. Ada juga yang berjubel di atas jembatan penyeberangan. Hanya beberapa kendaraan dari arah Tanah Abang boleh melewati jalur ini.

"Anak saya mau nonton karnavalnya, jadi kami tunggu sejak jam dua tadi. Anak saya nunggu ondel-ondel," kata Didi, yang membawa empat anaknya menyaksikan Jakarnaval.

Rute perjalanan busway juga sempat terhenti selama 15 menit, saat rombongan karnaval terlihat sekitar 300 meter dari Sarinah. Warga bergerak maju dan menutup jalur busway karena ingin melihat langsung berbagai aksi sore ini.

Pantauan Kompas.com, tak banyak petugas keamanan berjaga di sekeliling lokasi karnaval ini. Kebanyakan polisi yang bertugas adalah polisi lalu lintas dibantu ratusan petugas Satpol PP.

Seperti diberitakan, Jakarnaval diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta pada sore ini sampai pukul 18.00 malam nanti. Peserta karnaval tersebut mencapai sekitar 3.151 orang.

Acara karnaval ini juga diramaikan klub-klub sepeda motor seperti Harley Davidson Club Indonesia, Scooter, Motor Antik Club Indonesia, sampai klub sepeda, seperti Sepeda Fixie Club dan BMX Jakarta. Setelah berkeliling, acara selanjutnya berupa panggung hiburan di Silang Monas Barat Daya, mulai pukul 18.30 sampai 22.00.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com