Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Thamrin Sempat Jadi Lautan Warga

Kompas.com - 10/06/2012, 18:55 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Thamrin di wilayah Jakarta Pusat biasanya dipadati oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Namun, berbeda dengan Minggu (10/6/2012) sore tadi.

Ribuan warga DKI memadati jalan tersebut. Mereka membentuk barisan memanjang dari arah pertigaan Jalan Kebon Sirih hingga ke Bundaran HI. Barisan itu sengaja dibuat lorong kecil untuk tempat jalannya mobil-mobil pawai Jakarnaval.

Setelah sebagian dari mereka menyaksikan atraksi budaya Indonesia, kali ini warga DKI disuguhkan iring-iringan mobil pawai yang dihiasi dengan berbagai macam bunga. Pawai mobil ini terdiri dari beberapa institusi seperti mobil TNI, mobil balaikota, pemadam kebakaran, dinas sosial, dinas pendidikan dan beberapa institusi pemerintah lainnya.

Di atas mobil-mobil tersebut, tampak beberapa penari dengan pakaian adat dari DKI Jakarta. Mereka meliuk-liukkan badan dan menari seiring lagu-lagu betawi yang dilantunkan lewat pengeras suara.

Beberapa mobil juga dihias dengan bentuk-bentuk hewan seperti lumba-luma, burung hantu maupun keong dan monyet. Warga pun kian antusias menyaksikan pawai ini.

Mereka berlomba-lomba memotret maupun berpose di antara pawai mobil itu. Mereka pun mengikuti arak-arakan mobil yang rencananya akan berhenti di Bundaran HI Jakarta Pusat.

Konsentrasi massa paling banyak terkumpul di arah Thamrin menuju Balai Kota Jakarta, sebelum Monas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com