Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa dan Risiko Hipoglikemia pada Pasien Diabetes

Kompas.com - 11/06/2012, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Penderita diabetes yang berencana menjalankan ibadah puasa diharapkan senantiasa waspada akan ancaman hipoglikemia atau kekurangan gula darah. Hipoglikemia pada saat berpuasa kebanyakan terjadi pada sore hari menjelang berbuka puasa dan terutama pada pasien diabetes berusia lanjut.

Demikian disampaikan spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Premier Bintaro dr. A. B. Wardoyo, Sp.PD saat acara Diabetes Gathering XXVII dengan tema 'Diabetesi Saat Puasa Ramadhan', Sabtu, (9/6/2012) kemarin.

Wardoyo memaparkan, gejala hipoglikemia biasanya dirasakan ketika kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL, meskipun pada beberapa pasien diabetes gejalanya sudah dirasakan pada kadar gula darah masih di atas 70 mg/dL. Gejala yang biasanya timbul dari hipoglikemia adalah rasa lemah dan lapar, gemetar, berdebar-debar, keringat dingin, pandangan kabur, pusing dan penurunan kesadaran.

"Bila dirasakan gejala hipoglikemia seperti itu, maka harus segera membatalkan puasa dengan minum air bergula (sirup atau teh manis), lalu makan nasi seperti biasanya," ujarnya.

Hipoglikemia, kata Wardoyo, dapat terjadi pada pasien diabetes yang menggunakan insulin dan beberapa tablet obat diabetes tertentu. Takaran insulin dan tablet obat diabetes terlalu tinggi, makan sedikit mengandung karbohidrat, terlambat atau tidak makan, aktivitas fisik berlebih, penurunan fungsi hati dan ginjal merupakan beberapa keadaan yang juga dapat memicu hipoglikemia.

"Berpuasa sebenarnya cukup aman bagi pasien diabetes yang kadar gula darahnya terkendali. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan, berpuasa justru dapat memperbaiki kadar gula dan lemak darah disertai penurunan berat badan," ungkapnya.

Cara yang cukup mudah untuk mengetahui seberapa terkendali gula darah pada pasien diabetes adalah dengan memeriksakan HbA1c dan kadar gula darah. Bila pemeriksaan HbA1c hasilnya kurang dari 7 persen dan kadar gula darah puasa kurang dari 130 mg/dL dan kadar gula darah 2 jam sesudah makan kurang dari 180 mg/dL, maka tergolong sudah terkendali.

"Idealnya pemantauan gula darah mandiri dirumah oleh pasien diabetes selama berpuasa dilakukan sebelum sahur, dua jam sesudah sahur, sebelum buka, dan dua jam sesudah berbuka, juga saat dirasakan adanya gejala hipoglikemia," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com