Sabtu, 5 September 2015

Health

KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT drg. Citra Kusumasari, SpKG
Menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia. Ilmu Karies, Estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya. Praktik di Nice Dental Care Ciputra Medical Center. Lotte Shopping Avenue Fl.5 Ciputra World 1

Adakah Risiko Memakai Implan Gigi?

Selasa, 12 Juni 2012 | 10:05 WIB

TANYA : 

Dok, saya ingin bertanya. Apakah pemasangan implan gigi itu mengandung risiko yang membahayakan? Apabila digunakan dalam jangka panjang, apakah ada efek sampingnya ?  Bagaimana cara memilih implan yang aman dan dalam kondisi apa sebaiknya kita memutuskan untuk memilih metode implan? Mohon penjelasannya. Terima kasih. 

(Windara, 20, Depok)


JAWAB :

Hai Windara, pemasangan implan gigi tidak akan berbahaya, tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut adalah kualitas dan kuantitas tulang rahang yang baik, kesehatan umum pasien, dan ketrampilan dokter giginya.

Gigi implan dalam penggunaan jangka panjang dapat memiliki efek samping jika keadaan rongga mulut pasien dan kesehatan tubuh pasien yang tidak dijaga dengan baik, serta kebiasaan buruk pasien.

Efek sampingnya berupa gagalnya penyatuan tulang rahang dengan implan, peradangan mukosa di sekitar implan, dan pengeroposan tulang rahang di sekitar implan. Pertimbangan untuk menggunakan implan gigi adalah apakah kesehatan umum anda baik, tidak ada penyakit sistemik, keadaan tulang rahangnya baik, serta pertimbangan biaya.

Pemilihan bahan dan teknik implan dapat dikonsultasikan langsung oleh dokter gigi anda. Ingat, sebaiknya anda harus mendatangi dokter gigi yang kompeten untuk melakukan implan gigi, karena tidak semua dokter gigi mampu melakukannya.  

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat