Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Risiko Memakai Implan Gigi?

Kompas.com - 12/06/2012, 10:05 WIB

TANYA : 

Dok, saya ingin bertanya. Apakah pemasangan implan gigi itu mengandung risiko yang membahayakan? Apabila digunakan dalam jangka panjang, apakah ada efek sampingnya ?  Bagaimana cara memilih implan yang aman dan dalam kondisi apa sebaiknya kita memutuskan untuk memilih metode implan? Mohon penjelasannya. Terima kasih. 

(Windara, 20, Depok)


JAWAB :

Hai Windara, pemasangan implan gigi tidak akan berbahaya, tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut adalah kualitas dan kuantitas tulang rahang yang baik, kesehatan umum pasien, dan ketrampilan dokter giginya.

Gigi implan dalam penggunaan jangka panjang dapat memiliki efek samping jika keadaan rongga mulut pasien dan kesehatan tubuh pasien yang tidak dijaga dengan baik, serta kebiasaan buruk pasien.

Efek sampingnya berupa gagalnya penyatuan tulang rahang dengan implan, peradangan mukosa di sekitar implan, dan pengeroposan tulang rahang di sekitar implan. Pertimbangan untuk menggunakan implan gigi adalah apakah kesehatan umum anda baik, tidak ada penyakit sistemik, keadaan tulang rahangnya baik, serta pertimbangan biaya.

Pemilihan bahan dan teknik implan dapat dikonsultasikan langsung oleh dokter gigi anda. Ingat, sebaiknya anda harus mendatangi dokter gigi yang kompeten untuk melakukan implan gigi, karena tidak semua dokter gigi mampu melakukannya.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com