Rabu, 29 Juli 2015

Health

Mengenal 3 Kandungan Gizi Penting pada Es Krim

Senin, 18 Juni 2012 | 11:59 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tidak suka dengan es krim. Rasanya yang lembut dan manis membuat makanan ini sangat digemari tidak hanya oleh anak-anak melainkan juga orangtua.

Es krim merupakan salah satu makanan produk susu yang mengandung vitamin dan nutrisi penting untuk tubuh. Banyak orang yang masih beranggapan dan menganggap es krim sebagai biang keladi kegemukan. Padahal kontribusi energi dan lemak dalam es krim per takaran saji sangat kecil, yaitu sekitar 10 persen dari total kebutuhan energi per hari dan 15 persen dari total kebutuhan lemak per hari.

Berikut adalah tiga kandungan nutrisi penting pada es krim yang berkontribusi mendongkrak derajat kesehatan Anda:

1. Kalsium


Kalsium banyak ditemukan dalam produk susu, seperti es krim, yang bermanfaat untuk kekuatan dan kesehatan tulang. Menurut Office of Dietary Supplements (ODS), 99 persen kalsium tubuh dapat ditemukan pada tulang dan gigi, yang digunakan untuk membantu fungsi dan struktur tubuh manusia. Ketika tubuh tidak menerima jumlah kalsium yang cukup setiap hari, maka tubuh akan mengambilnya dari bagian tubuh lain. Mengonsumsi es krim dan produk susu lainnya secara teratur dapat mengurangi risiko osteoporosis, yang terkait dengan peningkatan risiko patah tulang.

Kalsium tidak hanya baik untuk tulang dan gigi, tapi juga berperan dalam penurunan berat badan. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara penurunan berat badan dan pencegahan kenaikan berat badan dengan asupan kalsium yang memadai setiap hari.

2. Protein


Seperti makanan produk susu pada umumnya, es krim adalah sumber utama protein, makronutrien yang penting bagi bagian tubuh seperti tulang, otot, kulit, darah, dan tulang rawan. Protein juga penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan pada bagian-bagian tertentu dari tubuh, seperti rambut dan kuku, yang seluruhnya terbuat dari protein.

Karena protein tidak dapat disimpan dalam tubuh, penting bagi Anda untuk mendapatkan asupan makanan dan suplemen yang tinggi protein. Bila dimakan dalam jumlah sedang, es krim bisa menjadi salah satu pilihan makanan terbaik untuk mengisi pasokan protein dalam tubuh. Mereka yang berolahraga secara teratur juga dapat mengonsumsi es krim sebagai makanan ringan setelah latihan untuk membantu membangun dan pemulihan otot.

3. Vitamin


Es krim biasanya mengandung vitamin A, vitamin B2 dan vitamin B12, nutrisi mikro yang hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil tidak seperti protein. Vitamin A sangat penting bagi kesehatan kulit, metabolisme tulang dan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A juga sangat penting untuk kesehatan retina.

Vitamin B2 dan B12 penting untuk metabolisme energi, memecah lemak, protein dan karbohidrat dalam tubuh. Penting untuk secara teratur mengganti vitamin B karena vitamin ini larut dalam air dan tidak dapat disimpan dalam tubuh.

Salah satu yang harus selalu Anda ingat ketika mengonsumsi es krim adalah jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Jangan lupa untuk membaca label nutrisi pada kemasan es krim, untuk meminimalkan risiko kesehatan.

Editor : Asep Candra