Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Menolak ASI Sejak Ibu Ikut KB Suntik

Kompas.com - 20/06/2012, 09:12 WIB

TANYA : 

Saya saat ini sedang kebingungan karena anak saya tidak mau minum ASI secara langsung ke saya. Itu terjadi semenjak saya ikut KB suntik 3 bulan. Mau tidak mau, saya harus memerah ASI ke botol, Apa mungkin pengaruh dari suntik KB saya? Anak saya berumur 4 bulan 20 hari. Akhir-akhir ini, anak saya juga tidak mau minum ASI, jadi saya coba kasih susu formula, tetapi anak saya tetap tidak mau. Anak saya maunya minum air putih. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi kebingungan ini. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya  

(Siska, 24, Jakarta)

JAWAB :

Halo ibu Siska. Wah salut deh sama ibu, sampai bayinya menjelang 5 bulan masih berusaha untuk memberikan ASI. Semoga anaknya tetap sehat ya Bu berkat cairan ajaib yang namanya ASI. Wah, kalau anak sampai tidak mau menyusu lagi pada ibunya memang bisa bikin kita bingung dan cemas.

Metode kontrasepsi hormonal tertentu memang bisa menyebabkan produksi ASI menurun, sehingga lambat laun bayi jadi malas untuk menyusu karena ASI-nya sedikit. Yang ibu lakukan dengan memerah ASI sudah benar. Kalau boleh saya sarankan, ASI perah coba untuk diberikan dengan cangkir kecil. Cari waktu yang tepat untuk memberikan ASI perah. Baiknya jangan pada saat bayi sudah lapar atau mengantuk. Bisa dicoba juga orang lain selain ibunya yang memberikan.

Jika dengan cangkir kecil terasa sulit, bisa coba dengan pipet atau spuit. Anaknya bisa juga diajak bicara loh bu, disaat dia lagi tenang atau menjelang tidur bisa coba dibisikkan "nak, minum ASI-nya yang pintar ya, supaya bisa tumbuh jadi anak yang pintar dan sehat."

Idealnya bayi usia 0-6 bulan hanya mendapatkan ASI saja, tetapi apabila tidak dimungkinkan, bisa dipertimbangkan untuk ditambahkan formula. Air putih disarankan untuk diberikan kepada bayi diatas usia 6 bulan. Jika ibu berkenan, silahkan menghubungi konselor menyusui AIMI (021-72787243) sehingga dapat didampingi untuk melakukan proses relaktasi. Semoga dengan jawaban saya ini bisa mengurangi kebingungan ibu.

Salam ASI!

Mia Sutanto, SH, LL.M,
Konselor Laktasi, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com