Kamis, 24 April 2014 01:13

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

PMI Antisipasi Stok Darah saat Ramadhan

Penulis : Bramirus Mikail | Rabu, 20 Juni 2012 | 15:58 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

JAKARTA,KOMPAS.com - Mendekati bulan Ramadhan, persediaan stok darah biasanya akan mengalami penurunan. Untuk mengatasi keadaan tersebut, Kementerian Kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI) mengaku telah memiliki strategi khusus yakni dengan melakukan koordinasi ke tempat-tempat ibadah seperti gereja.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi saat menghadiri Hari Donor Darah Sedunia 2012 di Gedung Kementerian Kesehatan, Rabu, (20/6/2012).

Nafsiah mengutarakan, ketika dirinya masih menjabat sebagai Kepala Lembaga Transfusi Darah PMI DKI, ia pernah mengeluarkan surat edaran ke gereja-gereja agar setiap orang yang memenuhi syarat mau untuk mendonorkan darahnya. Disamping itu untuk yang muslim supaya berkenan menyumbang darah di malam hari selesai menjalankan sholat Tarawih.

"Saya minta selama bulan Ramadhan untuk keliling ke gereja-gereja setiap kebaktian hari Sabtu atau Minggu, sehingga walaupun bulan puasa stok darah tidak akan kurang," katanya.
 
Hal serupa juga disampaikan oleh dr. Susanti MM, selaku Kepala Administrasi dan Keuangan Palang Merah Indonesia. Susanti mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan beberapa gereja di Jakarta tiga bulan sebelum memasuki bulan Ramadhan. "Kita sudah siapkan mobil donor yang nanti akan kita sebar ke beberapa tempat ibadah," katanya.

Susanti menambahkan, PMI juga telah menyediakan layanan donor darah 24 jam bagi masyarakat yang ingin mendonor pada malam hari atau selepas ibadah Tarawih.

Selama ini, ada kekhawatiran di masyarakat bahwa donor darah pada saat puasa akan membatalkan puasa. Padahal imbauan untuk tetap mendonorkan darah sudah sesuai dengan Keputusan Komisi Fatwa MUI DKI Jakarta Tahun 2000 yang menyatakan bahwa donor darah pada saat puasa tidak membatalkan puasa.

Atas dasar itulah, Susanti kemudian mengibau kepada masyarakat yang selama ini telah rutin mendonorkan darahnya supaya tetap mau terlibat dan mendukung ketersediaan stok darah PMI sepanjang bulan puasa tahun 2012 ini.


Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui