Jumat, 31 Oktober 2014 01:57
Caring by Sharing | Kompas.com

LIFESTYLE / SEKS - ARTIKEL

Berapa Banyak Kalori Terbakar Saat Seks?

Penulis : Bramirus Mikail | Jumat, 22 Juni 2012 | 13:51 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com — Banyak pertanyaan muncul ketika seseorang berbicara tentang seks. Salah satu yang sering dibahas adalah mengenai manfaatnya dari sisi kesehatan.

Beberapa orang beranggapan bahwa seks itu sama dengan olahraga. Bahkan, tidak sedikit yang percaya bahwa aktivitas seks dapat membakar kalori dalam tubuh. Lantas, apakah seks benar-benar bisa menjadi mesin pembakar kalori?

Carole Lieberman, MD, seorang psikiater di Beverly Hills, mengatakan, para ilmuwan telah mencoba mencari tahu selama bertahun-tahun tentang kebenaran hal itu. Para peneliti, kata Lieberman, telah berusaha untuk mengukur jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks pada berbagai kesempatan, tetapi hasil yang didapat sangat bervariasi.

Lieberman mengatakan, ketika seseorang melakukan hubungan seksual, tubuh sesungguhnya sudah membakar sekitar 100 sampai 200 kalori. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih besar, Anda bisa terlebih dahulu melakukan foreplay atau pemanasan.  

"Satu hal yang pasti, membakar kalori dengan cara berhubungan seks jauh lebih memuaskan ketimbang Anda mengikuti kelas pilates," kata Dr Lieberman.

Berikut ini adalah perkiraan jumlah kalori yang mungkin terbuang saat seseorang melakukan aktivitas seks, seperti diuraikan oleh Lieberman:

Ciuman


Ciuman ternyata bisa membakar kalori, meskipun hal ini sangat tergantung dari seberapa besar gairah yang Anda rasakan ketika melakukannya. Ketika berciuman, Anda bisa membakar satu sampai lima kalori per menit. Bahkan, menurut Lieberman, ciuman yang lebih intens dan panjang bisa menghabiskan sebanyak 85 kalori per jam.

"Foreplay"

Foreplay adalah waktu terbaik untuk Anda bermain-main. Seseorang yang memiliki berat 150 pon atau sekitar 68 kilogram akan membakar sekitar 25 kalori setiap 15 menit melakukan foreplay. Menurut Lieberman, jumlah kalori yang dibakar ketika foreplay besarnya sama ketika seseorang sedang melakukan jogging ringan selama 10 menit. Lieberman menyarankan, selama foreplay, seseorang harus lebih agresif dan jangan pasif.

Pijatan

Berikan sedikit pijatan kepada pasangan Anda. Selain memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan merangsang gairah bercinta, pijatan juga dapat membantu membakar sekitar 80 kalori per jam.

Tarian nakal

Mengawali hubungan seks dengan menari bersama pasangan sepertinya menarik untuk dicoba. Untuk melakukannya, Anda tidak harus pandai menari. Bergeraklah sesuka Anda dan senyaman mungkin. Menurut Lieberman, menari dapat membakar 170 atau lebih kalori dalam setengah jam.

Orgasme berulang


"Mencapai orgasme dapat membakar 60 sampai 100 kalori tambahan," kata Lieberman. Jadi, bila Anda bisa melakukannya beberapa kali, tidak ada salahnya untuk dilakukan. Menurut Lieberman, rahasia untuk membakar kalori lebih banyak saat berhubungan seks bukanlah sesuatu yang sulit. Semua itu dapat dicapai apabila Anda melakukannya dengan penuh gairah, kehangatan, dan semangat.


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui