Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2012, 14:28 WIB
Hidayatul Fajri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.353 personel polisi dari berbagai satuan disiapkan Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara untuk mengamankan Pilkada DKI Jakarta, 11 Juli mendatang. Hal tersebut diungkapkan Kapolrestro Jakarta Utara, Kombes Muhammad Iqbal, saat dihubungi, Jumat (22/6/2012).

Iqbal menjelaskan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang siap diamankan sebanyak 2.585 di seluruh Jakarta Utara. "Sesuai jadwal untuk pengamanan TPS, kami H-1 sudah ada di TPS. Untuk anggota pengawal TPS bersosialiasi, pengenalan, melakukan analisa potensi ancaman, sebagai tindakan deteksi dini," katanya.

Iqbal menjelaskan, untuk pola aman, setiap lima TPS akan dijaga satu anggota. Sedangkan pola rawan satu menempatkan empat anggota di dua TPS. Kemudian pola rawan dua menepatkan empat anggota di satu TPS.

"Sementara kami kategorikan pola aman, walau pun ada TPS yang menjadi pressing bagi kami, yaitu di Tanah Merah dan Penjaringan. Itu grey area, Tanah Merah tahu kan masalahnya? Jadi, jangan sampai ada hal yang disusupi oleh orang-orang tertentu, Tapi mereka terbuka," kata Iqbal.

Polres Jakarta Utara bekerja sama dengan TNI dan 5.174 anggota Linmas untuk mengamankan pesta demokrasi yang diikuti 1.165.078 pemilih di Jakarta Utara. "Kami jaga ada standby force di sini (Mapolres Jakarta Utara), dari Polda, Polres, dan TNI," ujar Iqbal.

Iqbal meyakini, pelaksanaan Pemilu Kada DKI akan berlangsung aman. Meskipun demikian, dia mengaku pihaknya telah siap dengan berbagai situasi yang mungkin terjadi. "Kami sudah melaksanakn mapping, ketika ada situasi genting kami sudah ada protapnya. Tapi kami tetap yakin masyarakat siap mensukseskan ini (pilkada)," katanya.

Operasi Mantap Praja 2012 untuk mengamankan Pilkada DKI telah dilaksanakan sejak 11 Mei 2012. Polrestro Jakarta Utara telah melakukan pendekatan preventif serta berdialog dengan masyarakat untuk menyukseskan Pilkada di Jakarta Utara.

"Kami melaksanakan pengamanan sejak kemarin, preventif, melakukan pendekatan dengan semua elemen masyarakat. Dengan berkeliling kami sampaikan pesan tolong bantu, terlebih kita menyambut pilkada," ujar Iqbal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com