Selasa, 2 September 2014 01:39

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Kenali Keunggulan Kopi

Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 22 Juni 2012 | 14:35 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Ingin meningkatkan konsentrasi dan semangat sekaligus mencegah penyakit? Minumlah kopi. Tapi, ketahui takaran kopi yang pas agar minuman hitam pekat ini tidak menjadi musuh bagi tubuh.

"Kopi adalah obat mujarab penyelamat hidup," kata ahli kesehatan liver Sanjiv Chopra, dari Harvard Medical School. Ia juga menyarankan agar kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam, bisa ditambahkan sedikit susu rendah lemak.

Ia menambahkan, meski saat ini cara kerja kopi di dalam tubuh masih misteri, namun studi epidemiologi berskala besar secara konsisten membuktikan manfaat kopi. Berikut ini adalah beberapa keunggulan kopi bagi kesehatan:

- Tiga cangkir kopi sehari bermanfaat menurunkan risiko kanker kulit pada perempuan sampai 20 persen.

- Risiko kematian akibat kanker prostat pria yang mengonsumsi lebih dari enam cangkir kopi setiap hari berkurang sampai 60 persen.

- Mengonsumsi kopi sedikitnya secangkir setiap hari bisa menurunkan risiko stroke sampai 25 persen.

- Konsumsi kopi dua cangkir setiap hari bisa menurunkan risiko depresi pada perempuan.

- Tiga senyawa dalam kopi, yaitu kafein, asam caffeic, dan asam khlorogenik juga terbukti mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua.

- Orang berusia lanjut yang mengonsumsi tiga cangkir kopi setiap hari diketahui memiliki risiko menderita alzheimer lebih kecil.

Kendati kopi lebih banyak manfaatnya dari pada mudaratnya, namun perlu disadari pula bahwa saat ini para ahli kesehatan tidak menganjurkan orang mulai minum kopi untuk mencegah penyakit.

 


Sumber :
Readers Digest

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui