Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Keunggulan Kopi

Kompas.com - 22/06/2012, 14:35 WIB

Kompas.com - Ingin meningkatkan konsentrasi dan semangat sekaligus mencegah penyakit? Minumlah kopi. Tapi, ketahui takaran kopi yang pas agar minuman hitam pekat ini tidak menjadi musuh bagi tubuh.

"Kopi adalah obat mujarab penyelamat hidup," kata ahli kesehatan liver Sanjiv Chopra, dari Harvard Medical School. Ia juga menyarankan agar kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam, bisa ditambahkan sedikit susu rendah lemak.

Ia menambahkan, meski saat ini cara kerja kopi di dalam tubuh masih misteri, namun studi epidemiologi berskala besar secara konsisten membuktikan manfaat kopi. Berikut ini adalah beberapa keunggulan kopi bagi kesehatan:

- Tiga cangkir kopi sehari bermanfaat menurunkan risiko kanker kulit pada perempuan sampai 20 persen.

- Risiko kematian akibat kanker prostat pria yang mengonsumsi lebih dari enam cangkir kopi setiap hari berkurang sampai 60 persen.

- Mengonsumsi kopi sedikitnya secangkir setiap hari bisa menurunkan risiko stroke sampai 25 persen.

- Konsumsi kopi dua cangkir setiap hari bisa menurunkan risiko depresi pada perempuan.

- Tiga senyawa dalam kopi, yaitu kafein, asam caffeic, dan asam khlorogenik juga terbukti mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua.

- Orang berusia lanjut yang mengonsumsi tiga cangkir kopi setiap hari diketahui memiliki risiko menderita alzheimer lebih kecil.

Kendati kopi lebih banyak manfaatnya dari pada mudaratnya, namun perlu disadari pula bahwa saat ini para ahli kesehatan tidak menganjurkan orang mulai minum kopi untuk mencegah penyakit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com