Minggu, 26 April 2015

Health

KPU Jaksel Gelar Simulasi Penghitungan Suara

Minggu, 24 Juni 2012 | 18:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Simulasi digelar di Kecamatan Pancoran, Tebet, Cilandak, Jagakarsa, dan Kebayoran Baru, hari Minggu (24/6/2012) ini. Simulasi yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, dibuat seperti pelaksanaan sebenarnya saat pemungutan dan penghitungan suara berlangsung.

"Mereka yang kami undang adalah anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Mereka berperan sebagai pemilih dalam simulasi. Tujuannya agar mereka tahu suasana pemungutan suara, sehingga ketika bertugas tidak mengalamikesulitan," tutur anggota KPU Jakarta Selatan Abdul Salam.

Dalam simulasi, lembaran surat suara tidak tertulis nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Lembaran surat ini berisi nomor urut dan siluet gambar pasangan calon. Simulasi berikutnya akan digelar Senin (25/6/2012) besok, di lima kecamatan di Jakarta Selatan.

Meski hanya simulai, hadir unsur tentara nasional Indonesia (TNI), Kepolisian RI, dan elemen lain, yang terlibat dalam proses pemungutan dan pengihitungan suara. Secara keseluruhan proses simulasi berlangsung lancar. Walau masih ada suara yang tidak sah, namun hampir seluruh suara yang dipakai dalam simulai kali ini sah.

"Soal hasil penghitungan, nomor berapa yang menang, itu bukan hal yang penting karena ini hanya sosialisasi," kata Salam.

Penulis: Andy Riza Hidayat
Editor : Agus Mulyadi