Jumat, 28 November 2014 00:06

OBAT & VITAMIN - ARTIKEL

FDA Setujui Pil Pelangsing Belviq

Penulis : Lusia Kus Anna | Kamis, 28 Juni 2012 | 11:42 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock
Ilustrasi

Kompas.com - Untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir, The Food and Drug Administration (FDA) menyetujui pil anti obesitas bernama Belviq. Obat keluaran Arena Pharmaceutical itu harus didapatkan melalui resep dokter dan ditujukan untuk penurunan berat badan jangka panjang.

Meskipun dalam beberapa studi klinis diketahui Belviq hanya menurunkan berat badan dalam skala sedang, namun FDA menyatakan bahwa obat tersebut aman.

Menurut FDA pil tersebut hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa yang kegemukan atau obesitas dengan satu komplikasi penyakit, seperti diabetes atau kolesterol tinggi. Obat ini juga wajib dikombinasikan dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

Ketua yayasan obesitas, Patrick O'Neil mengatakan ia mendorong FDA untuk menyetujui obat tersebut karena perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mengatasi obesitas.

Kendati efek Belviq dalam menurunkan berat badan tidak terlalu signifikan, namun para pakar menyatakan hal ini bisa menjadi langkah awal dalam pengembangan terapi-terapi baru untuk menyelesaikan penyebab obesitas.

Dalam penelitian terbukti pasien yang mengonsumsi Belviq atau dalam versi generik dikenal sebagai lorcaserin, dalam jangka waktu setahun rata-rata berhasil menurunkan 3-3,7 persen dari berat badan awal. Sekitar 47 persen pasien berhasil turun sampai 5 persen atau lebih.  

Pada tahun 2010, Arena sebenarnya sudah mengajukan Belviq, namun FDA menolak memberi izin karena ada masukan dari ilmuwan yang mengatakan adanya risiko tumor pada hewan-hewan percobaan yang dipakai dalam studi ini. Namun Arena kembali menambahkan data-data pada awal tahun 2012 yang membuktikan risiko tumor pada manusia sangat kecil.

FDA juga menghimbau agar pasien berhenti mengonsumsi Belviq jika mereka gagal turun 5 persen dari berat badan semula dalam tempo tiga bulan. Efek samping yang mungkin timbul dari obat ini antara lain depresi, migran, serta berkurangnya kemampuan daya ingat.

Rencananya, obat pelangsing itu baru akan dipasarkan di awal tahun 2013.  Sebelumnya FDA sudah menyetujui obat pelangsing Xenical dari Roche, namun obat ini jarang diresepkan karena efek sampingnya yang mengganggu pencernaan. Belviq adalah obat pelangsing pertama yang disetujui FDA setalah Xenical disetujui 13 tahun lalu.

 






Sumber :
AP

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui