Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Ambeien dengan Gangguan Jiwa

Kompas.com - 28/06/2012, 14:06 WIB

TANYA :

Dok, apakah ada hubungan antara penyakit ambeien dengan stres/gangguan jiwa. Ayah saya menderita ambeien kronis, namun selain sering merasakan sakit saat BAB, ayah saya juga seperti kehilangan motivasi dalam hidup, takut untuk bertemu dengan orang, tidak suka dengan keramaian dan sering melamun. Ayah saya juga memiliki riwayat gangguan jiwa/stres dok. Lalu apakah solusi terbaik ambeien , harus operasikah? Terima kasih atas jawabannya Dok.

(Budi Santosa, 21, Bogor)

 

JAWAB :

Budi Yang Baik,

Gangguan jiwa termasuk gangguan cemas atau depresi sering dialami oleh pasien yang mengalami kondisi medis terutama yang bersifat menahun atau kronis. Hal ini bisa disebabkan karena pola adaptasi terhadap penyakit yang kurang baik atau karena proses penyakit itu sendiri yang mempengaruhi kesehatan jiwa.

Namun perlu diingat adanya suatu keadaan penyakit yang sifatnya berbarengan timbulnya (komorbid), jadi pasien memang menderita gangguan medis umum tapi juga secara bersamaan mengalami gangguan kejiwaan. Apalagi ayah Budi memiliki riwayat gangguan jiwa sebelumnya.

Budi bisa berkonsultasi dengan dokter bedah umum untuk masalah ambeien yang diderita ayah Budi, apakah harus dioperasi atau cukup dengan makan obat saja.

Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com