Minggu, 23 November 2014 06:40

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Cokelat Bisa Jadi Tabir Surya Alami

Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 29 Juni 2012 | 15:53 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Cokelat ternyata tidak hanya enak di lidah tapi juga bermanfaat untuk kulit. Menurut sebuah penelitian cokelat yang mengandung senyawa flavanol tinggi bisa memberi perlindungan kulit dari sinar matahari.

Cokelat yang kadar kokoanya tinggi, misalnya cokelat hitam, umumnya mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi yang selama ini diketahui akan melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Sejak lama flavanol atau flavonoid yang dipunyai cokelat hitam sudah mendapat pengakuan sebagai antioksidan mumpuni. Dalam 1,5 ons batang cokelat hitam terkandung 800 mg antioksidan, hampir sama jumlahnya dengan antioksidan yang terdapat di secangkir teh hitam atau red wine.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition melaporkan hasil riset yang dilakukan pada sekelompok wanita yang makan 326 mg cokelat mengandung flavanol kokoa tinggi selama 12 minggu. Hasilnya tingkat sensitivitas mereka pada sinar matahari jauh berkurang. Manfaat lainnya adalah aliran darah lebih lancar dan hidrasi kulit meningkat sehingga kulit tidak mudah kering.

Akan tetapi Anda perlu berhati-hati dalam memilih jenis cokelat. Sebaiknya pilih produk yang kandungan kokoa-nya tinggi. Cokelat yang banyak beredar di pasaran umumnya mengandung gula, susu, dan bahan lain sehingga rasanya lebih enak. Cokelat jenis ini dapat meningkatkan kalori jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

 


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui