Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otot Lebih Kuat Berkat Kafein?

Kompas.com - 30/06/2012, 09:27 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan mengklaim bahwa konsumsi kafein dapat membantu meningkatkan fungsi otot, khususnya pada orang tua. Meningkatnya fungsi otot akan membantu mempertahankan kekuatan, mengurangi risiko jatuh dan cedera. Temuan akan dipublikasikan pada 30 Juni 2012 dalam Society for Experimental Biology.

Pakar Olahraga dari Coventry University melihat untuk pertama kalinya apakah efek konsumsi kafein terkait dengan perubahan otot. Hasilnya diketahui bahwa kafein terus meningkatkan kinerja otot pada tikus, meskipun kurang terlihat efektif pada otot yang lebih tua.

Dalam kajiannya, para peneliti mengisolasi otot dari tikus mulai usia remaja sampai lanjut usia. Kinerja otot kemudian diuji sebelum dan setelah tikus itu diberikan kafein. Peneliti mengamati dua otot rangka yang berbeda. Pertama adalah diafragma, otot inti yang digunakan untuk respirasi, dan yang kedua adalah otot kaki disebut ekstensor digitorum longus (EDL), yang digunakan untuk bergerak.

"Meskipun efeknya cenderung berkurang pada otot tikus yang lebih tua, konsumsi kafein mungkin masih memberikan manfaat," Jason Tallis, peneliti utama riset tersebut.

Untuk orang dewasa muda, konsumsi kafein berkontribusi membantu otot dalam menghasilkan kekuatan yang lebih. Tapi seiring berjalannya usia, otot kita secara alami akan berubah dan menjadi lebih lemah.

Peneliti mengatakan, efek konsumsi kafein tidak terlalu terlihat pada otot yang masih muda. Hal ini mungkin disebabkan otot masih terus berkembang sehingga efek konsumsi kafein tidak terlalu memberikan banyak perubahan.

Penurunan kekuatan otot seiring bertambahnya usia turut berkontribusi memicu terjadinya luka atau cedera dan mengurangi kualitas hidup. Peneliti mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui secara pasti bagaimana mekanisme kerja kafein dalam peningkatan kekuatan otot. Tapi yang jelas bahwa kunci utama menjaga otot supaya tetap kuat adalah dengan terus aktif bergerak dan mempertahankan pola hidup sehat.

"Penting menjaga gaya hidup tetap aktif secara fisik untuk menjaga kesehatan dan kapasitas fungsional. Peningkatan kinerja kafein dapat memberikan bukti manfaat dalam proses penuaan," kata Tallis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com