Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Tidur Melemahkan Sistem Imun

Kompas.com - 03/07/2012, 11:50 WIB

Kompas.com - Kebiasaan kurang tidur yang sudah berlangsung lama memiliki efek sama buruknya pada sistem kekebalan tubuh seperti halnya stres fisik. Akibatnya tubuh lebih gampang sakit.

Para peneliti dari Belanda dan Inggris Raya menemukan, kurang tidur akan memicu produksi sel darah putih yang dikenal dengan granulosit (granulocytes) terutama pada malam hari.

"Granulocytes bereaksi ketika tubuh mengalami kurang tidur dan ini menyerupai respon tubuh terhadap stres fisik," kata Katrin Ackermann, peneliti post-doktoral dari Erasmus MC University Medical Center Rotterdam, Belanda.

Dalam penelitian itu ia menghitung jumlah sel darah putih 15 pria muda yang sehat selama beberapa minggu untuk dibandingkan dengan jumlah sel darah putih ketika mereka kurang tidur. Para peneliti juga menemukan bahwa sel darah putih mengalami penurunan pada ritme siang dan malam, serta meningkat saat seseorang kurang tidur.

Berbagai studi sebenarnya sudah menunjukkan bahaya kurang tidur pada kesehatan. Antara lain memicu obesitas, diabetes, serta tekanan darah tinggi.

Ackermann mengatakan di masa datang riset-riset akan mengungkapkan dengan pasti bagaimana kurang tidur berkontribusi pada terjadinya beberapa penyakit.

Karena itu, bagi Anda yang suka begadang sampai larut malam sebaiknya mengatur kembali pola tidur yang baik. Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa tidur 7-8 jam setiap malam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com