Kamis, 31 Juli 2014 00:15

KONSULTASI / KESEHATAN GIGI & MULUT - ARTIKEL

KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT

Bersama drg. Citra Kusumasari, SpKG

Menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia. Saat ini, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi ini, berpraktik di berbagai klinik di Jakarta. Ilmu Karies, Estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya. Praktik di Nurfa Praktek Dokter Gigi Spesialis. Jl. Anugerah Raya No. 35 C Jaticempaka Pondok Gede - Bekasi 17411 Telp. (021) 84978739

Kenapa Gigi Sering Berdarah Tanpa Sebab?

Rabu, 4 Juli 2012 | 10:12 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

TANYA : 

Dok, saya mau bertanya, kenapa gigi saya suka berdarah sendiri tanpa sebab? Dan apabila sedang menyikat gigi terkadang keluar darah, tetapi tidak sakit. Saya menjadi takut saat menyikat gigi. Apakah pendarahan ini tidak berbahaya? Adakah cara yang bisa diatasi untuk mengatasi pendarahan ini?

(Nia, 23 tahun, Jakarta)

JAWAB :

Halo Nia, masalah gigi anda yang suka berdarah sendiri tanpa sebab, saya asumsikan gigi anda kondisinya berlubang (karena tidak dijelaskan dipertanyaannya). Gigi yang berdarah disebabkan adanya peningkatan permeabilitas pembuluh darah mikro pada ruang pulpa gigi (ruang yang berisi pembuluh darah dan saraf), akibat desakan aliran darah menuju ke pusat radang.

Hal ini bisa disebabkan oleh adanya iritan pada ruang pulpa, yaitu:

1.    Iritan mikroorganisme
Bakteri yang terdapat pada gigi yang berlubang akan menghasilkan toksin (racun), yang lama kelamaan akan menyebar keseluruh pembuluh darah dan saraf pada gigi. Hal inilah yang akan menyebabkan peradangan.

2.    Iritan mekanik
Misalnya pada prosedur pengeburan gigi yang terlalu dalam, trauma gigi, gerakan kawat gigi (ortodonsia), perawatan gusi yang terlalu dalam. Hal tersebut dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada gigi.

3.    Iritan kimia
Misalnya berbagai zat yang dipakai pada prosedur perawatan saluran akar gigi (perawatan endodontik) dapat bersifat toksik dan menyebabkan peradangan pada jaringan pulpa gigi.

Pada kasus anda, hal yang paling mungkin menyebabkan gigi berdarah tanpa sebab adalah akibat adanya mikroorganisme pada lubang gigi anda. Toksin (racun) yang menyebar begitu cepat dan ketahanan tubuh anda tidak mampu mentolerir, sehingga menyebabkan peradangan pada ruang pembuluh darah dan saraf gigi anda. Biasanya jika makanan masuk ke dalam lubang tersebut juga menimbulkan rasa nyeri.

Jika kondisi gigi anda tidak berlubang, maka hal yang paling mungkin menyebabkan gigi berdarah tanpa sebab adalah adanya trauma gigi yang pernah dialami di masa lalu. Gambaran pada gigi anda biasanya seperti ada pewarnaan merah di dalam gigi. Lama-kelamaan bisa berwarna kehitaman akibat bercampur dengan toksin bakteri.

Sebaiknya anda segera mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, (drg., SpKG), karena mereka mendalami ilmu ini. Sehingga akan segera dilakukan perawatan yang tepat dan mencegah gigi anda mengalami kerusakan lebih lanjut.

Pada kasus gusi berdarah saat menyikat gigi, sudah sangat jelas perdarahan yang terjadi pada gusi anda adalah akibat trauma mekanis oleh sikat gigi. Mekanisme terjadinya perdarahan pada gusi anda, secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut :

Rangsangan mekanis sikat gigi menyebabkan pembuluh darah pada gusi tersebut akan melebar dan menekan lapisan epitel tipis pada gusi, sehingga lapisan epitel gusi tersebut rusak dan terjadi perdarahan.

Gusi berdarah juga dapat disebabkan oleh salah satu hal berikut ini, seperti penggunaan tusuk gigi, makanan yang masuk ke dalam gusi, menggigit makanan yang terlalu keras, memiliki kebiasaan buruk mengerot-ngerot gigi (bruksism), serta adanya penyakit sistemik. Penyakit sistemik yang biasanya menyebabkan gusi berdarah adalah leukemia, defisiensi (kekurangan) vitamin c, dan penyakit hati.

Pada kasus ini, anda tidak perlu risau untuk melakukan sikat gigi. Gusi berdarah akibat sikat gigi memang sering terjadi, namun anda harus memperbaiki teknik menyikat gigi dan jenis bulu sikat gigi yang dipakai supaya tidak mengalami luka pada gusi. Lakukanlah sikat gigi dengan tekanan yang ringan, dengan menggunakan bulu sikat yang lembut atau sedang. Anda dapat langsung menanyakan ke dokter gigi langganan anda untuk minta diperagakan bagaimana teknik menyikat gigi yang tepat.

Semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui