Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2012, 11:18 WIB

TANYA :

Dok, saya perempuan berusia 32 tahun, suami 32 tahun.  Kami sudah menikah selama 3 tahun, tetapi sampai saat ini saya masih perawan, karena suami belum pernah sekalipun penetrasi ke dalam. Saya selalu merasa takut dan sakit setiap kali berhubungan, sejak malam pertama. Saya juga susah sekali terangsang dok, vagina saya kering. Suami sering mengeluh dengan kondisi ini. Sebagai laki-laki normal ia ingin bercinta dalam kondisi normal. Apa yang harus saya lakukan dok, saya malu kalau harus konsultasi langsung ke dokter. Terimakasih atas jawaban dokter.

(Amanda, 32, Medan)

JAWAB :

Dalam keadaan seperti ini, tentu diperlukan konsultasi lebih jauh dan pemeriksaan langsung. Sayang sekali kalau masalah ini dibiarkan sampai 3 tahun. Tetapi saya dapat menduga apa yang Anda alami.

Pertama, Anda mungkin mengalami hambatan dorongan seksual karena penyebab tertentu. Gangguan ini diperberat oleh rasa takut setiap akan melakukan hubungan seksual. Akibatnya, tidak terjadi perlendiran vagina dan reaksi seksual yang lain. Karena itu Anda merasa sakit.

Kedua, mungkin Anda mengalami gangguan fungsi seksual yang disebut vaginismus. Dalam keadaan ini terjadi kontraksi abnormal otot vagina sepertiga bagian luar. Akibatnya penis terhambat untuk penetrasi, dan terasa sakit kalau dipaksa.

Tidak ada jalan lain, selain harus berkonsultasi lebih jauh dan mendapat pemeriksaan yang lengkap. Setelah itu barulah dapat diatasi dengan benar sesuai gangguan apa yang terjadi. Semakin lama dibiarkan, akan semakin sulit diatasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com